Pangkat Tamtama Polri: Ulasan Lengkap Mengenai Struktur Pangkat dan Rincian Gaji

Pelajari urutan pangkat Tamtama Polri beserta rincian gaji sesuai dengan peraturan terbaru. Artikel ini menyajikan informasi lengkap mengenai struktur pangkat Tamtama Polri dan rentang gaji yang berlaku untuk setiap tingkatan.

Dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), setiap anggota aktif diberikan pangkat yang mencerminkan peran, fungsi, dan kemampuan mereka. Pangkat tidak hanya sebagai penanda kedudukan, tetapi juga sebagai keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam penugasan. Salah satu golongan pangkat di Polri adalah Tamtama, yang terdiri dari beberapa tingkatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai urutan pangkat Tamtama Polri serta rincian gaji yang sesuai dengan peraturan terbaru.

 Urutan Pangkat Tamtama Polri

Pangkat Tamtama Polri terdiri dari enam tingkatan, yang diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016. Berikut adalah urutan pangkat Tamtama Polri:

  1. Ajun Brigadir Polisi (Abrip)
  2. Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)
  3. Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)
  4. Bhayangkara Kepala (Bharaka)
  5. Bhayangkara Satu (Bharatu)
  6. Bhayangkara Dua (Bharada)

Urutan pangkat ini mencerminkan tingkat kedudukan dan tanggung jawab yang diemban oleh anggota Polri yang berpangkat Tamtama. Dengan mengetahui urutan ini, anggota Polri dapat memahami struktur organisasi dan merencanakan kemajuan karir mereka di institusi kepolisian.

 Gaji Pangkat Tamtama Polri

Gaji anggota Polri, termasuk pangkat Tamtama, diatur dalam perubahan ke-12 atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berikut adalah rentang gaji yang berlaku untuk setiap tingkatan pangkat Tamtama Polri:

  1. Golongan 1 (Tamtama)
    • Bhayangkara Dua (Bharada): Rp 1.643.500 – Rp 2.538.100
    • Bhayangkara Satu (Bharatu): Rp 1.694.900 – Rp 2.617.500
    • Bhayangkara Kepala (Bharaka): Rp 1.747.900 – Rp 2.699.400
    • Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda): Rp 1.802.600 – Rp 2.783.900
    • Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu): Rp 1.858.900 – Rp 2.870.900
    • Ajun Brigadir Polisi (Abrip): Rp 1.917.100 – Rp 2.960.700

Rentang gaji yang diterima oleh anggota Polri dalam pangkat Tamtama tidaklah tetap, melainkan bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Faktor yang dapat mempengaruhi gaji antara lain lama masa kerja, tunjangan, dan insentif yang diberikan kepada anggota Polri.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai urutan pangkat Tamtama Polri dan rincian gaji yang sesuai dengan peraturan terbaru. Dalam Polri, pangkat Tamtama terdiri dari enam tingkatan, dimulai dari Ajun Brigadir Polisi hingga Bhayangkara Dua. Setiap tingkatan pangkat memiliki rentang gaji yang telah ditetapkan oleh peraturan. Penting bagi anggota Polri untuk memahami urutan pangkat dan gaji yang berlaku, sehingga mereka dapat mengelola karir mereka dengan baik.

Pelaksanaan penugasan dan tanggung jawab yang diemban oleh anggota Polri sangat dipengaruhi oleh pangkat yang mereka miliki. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang struktur pangkat dan gaji yang sesuai dapat membantu anggota Polri dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka di institusi kepolisian.