Pangkat Bharada Polri dan Gaji yang Diterima: Mengungkap Karier Menarik di Balik Seragam Idaman

Sebagai salah satu fenomena menarik di Indonesia, profesi sebagai polisi telah menjadi impian bagi jutaan pemuda dan pemudi di negeri ini. Setiap tahun, seleksi penerimaan anggota Polri selalu dilakukan dengan ketat. Namun, di balik seleksi yang ketat tersebut, terdapat faktor-faktor menarik yang membuat banyak calon polisi tertarik untuk bergabung.

Salah satu faktor tersebut adalah pendapatan yang terjamin melalui gaji tetap dan kenaikan pangkat rutin. Selain itu, mengenakan seragam anggota polisi juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut mengenai pangkat Bharada di Polri dan besaran gaji yang diterima oleh mereka.

Tamtama Polri: Pintu Gerbang Karier di Kepolisian

Bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan SMA atau sederajat, mereka memiliki kesempatan untuk mendaftar seleksi Tamtama Polri. Jika berhasil lolos seleksi Tamtama, mereka akan memperoleh pangkat pertama dalam karier mereka, yaitu Bhayangkara Dua (Bharada). Pangkat Bharada merupakan pangkat terendah di golongan Tamtama dan juga pangkat paling bawah di lingkungan Polri. Namun, dengan perjalanan karier yang lancar, seorang polisi berpangkat Bharada memiliki potensi untuk naik pangkat menjadi Bhayangkara Satu (Bharatu), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), hingga mencapai pangkat Ajun Brigadir Polisi (Abrip).

Besaran Gaji bagi Polisi Pangkat Bharada

Pengaturan Gaji

Gaji polisi berpangkat Bharada diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Keduabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berdasarkan regulasi tersebut, gaji polisi berpangkat Bharada memiliki rentang yang bervariasi. Gaji terendah yang diterima adalah sebesar Rp 1.643.500, sedangkan gaji tertinggi mencapai Rp 2.538.100, yang disesuaikan dengan masa pengabdian.

Besaran Gaji Pangkat Tamtama

Berikut ini adalah besaran gaji yang diterima oleh polisi dengan pangkat Tamtama, mulai dari pangkat terendah Bharada hingga pangkat tertinggi Abripol:

  • Ajun Brigadir Polisi (Abripol): Rp 1.917.100 hingga Rp 2.960.700
  • Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu): Rp 1.858.900 hingga Rp 2.870.900
  • Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda): Rp 1.802.600 hingga Rp 2.783.900
  • Bhayangkara Kepala (Bharaka): Rp 1.747.900 hingga Rp 2.699.400
  • Bhayangkara Satu (Bharatu): Rp 1.694.900 hingga Rp 2.699.400
  • Bharada Dua (Bharada): Rp 1.643.500 hingga Rp 2.538.100

Tunjangan bagi Polisi Tamtama

Tunjangan Kinerja:
Selain gaji pokok, anggota polisi juga menerima tunjangan bulanan. Tunjangan kinerja, yang disesuaikan dengan kelas jabatan, merupakan tunjangan yang nominalnya cukup besar. Pada tahun 2018, Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tunjangan kinerja polisi berdasakan pangkat Bharada juga diatur berdasarkan regulasi tersebut. Besaran tunjangan kinerja dapat bervariasi tergantung pada penilaian kinerja individu dan prestasi yang dicapai.

Tunjangan Lainnya:
Selain tunjangan kinerja, polisi pangkat Bharada juga berhak menerima tunjangan-tunjangan lainnya, seperti tunjangan keluarga, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dan tunjangan lain yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Karier sebagai polisi di Polri menawarkan peluang yang menarik bagi mereka yang bercita-cita menjadi bagian dari institusi kepolisian. Dengan memulai dari pangkat Bharada, seorang polisi memiliki kesempatan untuk naik pangkat dan meningkatkan gaji serta tunjangan yang diterima. Meskipun pangkat Bharada merupakan pangkat terendah di Polri, tetapi dengan dedikasi, kerja keras, dan peningkatan kinerja, seorang polisi dapat mencapai pangkat yang lebih tinggi di masa depan.