Cara Safety Driving untuk Berkendara yang Aman

Berkendara merupakan kegiatan yang memerlukan kewaspadaan tinggi demi menjaga keselamatan diri dan keluarga.

Mengingat tingginya angka kecelakaan di jalan raya yang seringkali disebabkan oleh faktor manusia, sangat penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan tentang safety driving. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara safety driving yang dapat memastikan perjalanan Anda aman dan nyaman. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Cara Mengemudi yang Benar

Sebagai pengemudi yang baik, Anda perlu memahami cara berbelok yang benar. Terdapat dua tipe posisi tangan saat berbelok, yaitu pull down dan push up.

  • Pull down: Memegang setir bagian atas, kemudian bergerak ke sisi samping hingga tangan berada di bawah.
  • Push up: Memegang setir bagian bawah, kemudian bergerak ke sisi samping hingga tangan berada di atas.

Kedua cara ini sebenarnya benar, namun yang terpenting adalah posisi tangan harus fleksibel mengikuti arah sudut setir. Hindari menggenggam setir terlalu kuat saat berbelok, karena hal tersebut dapat berbahaya.

  1. Posisi Duduk yang Tepat

Posisi duduk pengemudi juga sangat penting untuk mengantisipasi dan menghindari potensi bahaya selama berkendara. Berikut adalah tiga poin yang perlu diperhatikan:

  • Kenyamanan: Pastikan Anda dapat duduk dalam posisi yang nyaman selama 2-4 jam perjalanan tanpa merasa lelah. Posisi duduk yang baik juga dapat mencegah cedera pada tubuh.
  • Kontrol: Pastikan posisi kaki Anda pas, posisi tangan yang memegang setir berada di bawah jantung, dan punggung Anda tegak menempel pada sandaran bangku agar tidak mudah lelah.
  • Komunikasi: Anda harus mampu menggunakan instrumen di dashboard dan memperhatikan blindspot yang mungkin terjadi.
  1. Sikap Mengemudi yang Benar

Mengemudikan mobil dengan sikap yang benar sangat penting agar perjalanan berjalan lancar dan aman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Gas dan perpindahan gigi: Tekan pedal gas dengan lembut dan lakukan perpindahan gigi secara ideal.
  • Hindari emosi: Jangan biarkan emosi mempengaruhi cara Anda mengemudi, karena hal tersebut dapat membahayakan. Selalu kendalikan kecepatan mobil Anda agar dapat mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan.
  • Keuntungan bagi semua: Sikap mengemudi yang benar tidak hanya bermanfaat bagi diri Anda sendiri, tetapi juga bagi pengendara lain di jalan.
  1. Ilmu Mendahului Mobil dengan Aman

Mendahului mobil dengan aman membutuhkan beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Jaga jarak aman dengan mobil di depan Anda.
  • Gunakan lampu sign untuk memberikan tanda kepada pengemudi di belakang Anda.
  • Perhatikan blind spot dan usahakan untuk meminimalkannya.
  • Gunakan gigi rendah saat mendahului.
  • Putar kemudi secara lembut.
  • Periksa kondisi sekitar sebelum mendahului.
  • Lakukan pendahuluan satu per satu dengan hati-hati.

Langkah-langkah di atas akan membantu Anda melakukan pendahuluan dengan lebih aman, sehingga tidak membahayakan pengemudi lain, baik mobil di depan maupun dari arah berlawanan.

  1. Kenali Mobil Anda

Setiap mobil memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali karakteristik mobil yang Anda gunakan. Cermati semua fitur yang dimiliki mobil Anda agar Anda dapat menggunakannya dengan mudah.

Saat Anda duduk di kursi pengemudi, pastikan untuk memeriksa blindspot dan menguranginya agar tetap aman selama perjalanan. Anda dapatmengatur posisi jok dan kaca spion untuk membantu melihat ke belakang dengan lebih baik. Jangan lupa untuk juga memahami transmisi mobil Anda dengan baik. Jangan sampai Anda kesulitan saat melakukan perpindahan gigi di jalan, karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.

Itulah beberapa poin penting mengenai pengetahuan cara safety driving yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap keselamatan Anda selama berkendara. Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan mengemudi Anda dan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Tetaplah waspada dan selalu prioritaskan keselamatan saat berada di belakang kemudi.