Cara Bayar Pajak Motor Secara Online Melalui Tokopedia: Solusi Mudah Dan Aman

Dalam era pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang mencari cara untuk membayar pajak motor secara online. Pasalnya, datang langsung ke kantor Samsat dianggap terlalu berisiko. Pajak kendaraan bermotor harus dibayar bersamaan dengan perpanjangan STNK setiap tahunnya. Pemilik kendaraan wajib membayar pajak agar terhindar dari denda. Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pemerintah provinsi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Bagaimana cara bayar pajak motor secara online melalui Tokopedia?

Cara Bayar Pajak Motor secara Online di Tokopedia

Pemilik kendaraan hanya perlu mengunduh aplikasi Tokopedia dan mendaftar akun agar dapat mengakses layanan pembayaran pajak kendaraan secara online melalui Tokopedia. Namun, perlu dicatat bahwa saat ini layanan bayar pajak motor online via Tokopedia baru tersedia untuk daerah-daerah tertentu, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan. Untuk daerah lain, pemilik kendaraan harus mendapatkan kode bayar terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk mendapatkan kode bayar, Anda dapat mengirim SMS ke 0811-211-9211 dengan format: esamsat [spasi] no.rangka [spasi] NIK/KTP.

Setelah mendapatkan SMS balasan yang berisi kode bayar, jangan lupa untuk menyiapkan STNK kendaraan yang ingin dibayarkan pajaknya. Hal ini akan mempermudah saat mengisi data pada saat melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. Berdasarkan informasi dari laman resmi Tokopedia, berikut adalah langkah-langkah cara bayar pajak motor secara online melalui aplikasi Tokopedia:

  1. Buka aplikasi Tokopedia.
  2. Pilih menu E-Samsat dan pilih wilayah tempat kendaraan Anda terdaftar.
  3. Isi Nomor Polisi, Nomor Mesin, dan Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor (NIK) yang tertera pada STNK kendaraan Anda. Jika Anda berada di beberapa wilayah tertentu, cukup masukkan Kode Bayar saja.
  4. Klik “Cek Tagihan”. Halaman akan menampilkan Kode Bayar, Detail kendaraan, rincian jumlah tagihan, dan biaya admin. Pastikan data yang ditampilkan sudah benar.
  5. Jika Anda memiliki kode promo, masukkan kode tersebut.
  6. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
  7. Klik “Bayar” dan lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih dan jumlah tagihan yang tertera.
  8. Setelah Anda berhasil melakukan pembayaran pajak motor secara online, Anda dapat mengecek status pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi Tokopedia.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, proses pembayaran pajak kendaraan secara online melalui Tokopedia akan selesai. Pemilik kendaraan akan menerima SMS dari Samsat setempat ke nomor ponsel yang telah terdaftar di Tokopedia. SMS tersebut akan berisi alamat situs untuk mengunduh E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) terbaru. Cetak dokumen E-TBPKP tersebut, lalu pemilik kendaraan dapat melakukan pengesahan di Kantor Bersama Samsat atau layanan unggulan terdekat.

Dengan adanya cara bayar pajak motor secara online melalui Tokopedia, pemilik kendaraan bermotor kini dapat menyelesaikan kewajiban pembayaran pajak kendaraan tahunan dengan lebih mudah dan praktis. Selain itu, melalui layanan ini, pemilik kendaraan juga dapat menghindari risiko yang mungkin timbul akibat datang langsung ke kantor Samsat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan pembayaran pajak motor Anda secaraonline melalui Tokopedia dan nikmati kemudahan serta keamanannya. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dan pastikan data yang Anda masukkan benar dan lengkap. Selamat membayar pajak motor secara online dengan Tokopedia!