Panduan Lengkap Tentang Persyaratan, Proses, Dan Biaya Perpanjangan STNK

Ingin memperpanjang STNK kendaraan Anda? Simak panduan lengkap tentang persyaratan, proses, dan biaya perpanjangan STNK agar Anda dapat melakukannya dengan lancar dan aman.

Apakah STNK kendaraan Anda akan segera habis masa berlakunya? Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang persyaratan, proses, dan biaya perpanjangan STNK. Dengan memahami langkah-langkah yang harus Anda lalui, Anda dapat melakukan perpanjangan STNK dengan mudah dan menghindari risiko hukum ketika berkendara. Mari kita jelajahi bersama!

Dokumen Persyaratan serta Apa Saja yang Perlu Anda Persiapkan untuk Perpanjangan STNK

Persiapan yang Harus Dilakukan

Untuk melakukan proses perpanjangan STNK, Anda perlu memahami prosedur yang harus dijalani saat berada di Kantor Samsat setempat. Alurnya dimulai dari persiapan dokumen, cek fisik kendaraan, sampai dengan proses pembayaran biaya perpanjangan.

Dokumen Persyaratan

Mengutip dari laman resmi Korlantas Polri, berikut adalah dokumen yang harus Anda siapkan untuk perpanjang STNK:

  1. Formulir permohonan yang dapat Anda peroleh di Kantor Samsat.
  2. STNK asli beserta fotokopinya.
  3. Tanda bukti identitas, seperti KTP dan fotokopinya.
  4. BPKB asli dan fotokopinya.
  5. Keterangan buka blokir jika STNK dalam status blokir.
  6. Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan.

Cek Fisik Kendaraan

Selain dokumen, Anda juga perlu membawa kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya untuk menjalani cek fisik. Pengecekan ini dilakukan di Kantor Samsat tempat Anda mengajukan permohonan perpanjangan STNK.

Pengecekan fisik kendaraan ini penting agar Anda mendapatkan formulir check list yang menjadi syarat perpanjangan. Untuk memastikan hasil cek fisik kendaraan baik, disarankan untuk melakukan servis atau perawatan mobil terlebih dahulu sebelum perpanjangan STNK. Anda dapat melakukan servis kendaraan di dealer terdekat dari lokasi Anda.

Uang untuk Membayar Biaya Perpanjangan

Biaya perpanjangan STNK adalah Rp200 ribu dengan tambahan Rp50 ribu sebagai biaya pengesahan. Untuk mempercepat proses pembayaran, disarankan membawa uang tunai. Hal ini penting sebagai langkah pencegahan jika pembayaran tidak dapat dilakukan secara non-tunai, seperti melalui transfer.

Demikianlah informasi mengenai prosedur dan biaya perpanjangan STNK. Untuk mengajukan permohonan, Anda dapat datang langsung ke Kantor Samsat dan mengisi formulir pengajuan perpanjangan STNK.

Perlu diingat, perpanjangan STNK adalah kewajiban bagi seluruh pemilik kendaraan bermotor guna menjaga keamanan dari risiko hukum ketika berkendara.

Demikian informasi mengenai persyaratan dokumen, proses serta biaya untuk perpanjangan STNK yang perlu anda ketahui. Namun, Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut lagi, jangan ragu untuk menghubungi Kantor Samsat setempat atau mengunjungi situs web resmi Korlantas Polri untuk informasi yang lebih detail. Selamat melakukan perpanjangan STNK, dan tetaplah mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.