Perpanjangan STNK 5 Tahunan: Kenali Tahapannya dengan Mudah!

Artikel ini menjelaskan prosedur perpanjangan STNK 5 tahunan kendaraan beserta tahapannya secara jelas dan ringkas. Anda akan mendapatkan informasi tentang persiapan dokumen yang tepat, langkah-langkah cek fisik kendaraan, dan proses pengesahan formulir. Dengan mengetahui tahapan ini, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk memastikan perpanjangan STNK kendaraan berjalan lancar.

Apakah Anda sedang mempersiapkan perpanjangan STNK kendaraan Anda? Jangan khawatir, sekarang cek fisik tidak harus dilakukan di domisili kendaraan. Anda bisa langsung datang ke kantor Samsat terdekat untuk melakukan pengecekan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan prosedur perpanjangan STNK 5 tahunan beserta tahapannya dengan jelas dan ringkas.

  1. Datang ke Kantor Samsat dengan Persiapan Dokumen yang Tepat

Sebelum memulai proses perpanjangan STNK, pastikan Anda sudah mengetahui lokasi kantor Samsat terdekat. Jangan sampai Anda harus melakukan perjalanan yang jauh hanya karena disarankan oleh orang lain, padahal ada kantor Samsat yang lebih dekat dengan rumah Anda.

Selain itu, pastikan Anda menyiapkan seluruh dokumen penting berikut ini:

  1. KTP asli dan fotokopi.
  2. STNK asli dan fotokopi.
  3. BPKB asli dan fotokopi.

Disarankan untuk membawa beberapa lembar fotokopi untuk masing-masing dokumen agar tidak perlu bolak-balik hanya untuk menggandakan dokumen. Jika Anda tidak dapat hadir saat pengecekan dilakukan dan ada orang lain yang akan mewakili, pastikan Anda memiliki surat kuasa yang sah.

Surat kuasa tersebut harus dilengkapi dengan tanda tangan, meterai, serta KTP asli dan fotokopi dari orang yang mewakili Anda.

  1. Mendapatkan Formulir Pengecekan di Loket dan Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Sesampainya di kantor Samsat, Anda dapat langsung menuju loket cek fisik untuk mendapatkan formulir pengecekan kendaraan. Setelah mendapatkan formulir tersebut, bawa kendaraan Anda ke area pengecekan.

Pastikan Anda siap menghadapi antrean di area pengecekan karena biasanya cukup ramai dengan pemilik kendaraan lainnya. Setelah tiba giliran Anda, berikan formulir pengecekan kepada petugas dan biarkan mereka melakukan pemeriksaan.

Selama proses ini, petugas akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk keperluan pemeriksaan. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen BPKB agar petugas dapat mencocokkan data dengan kendaraan Anda.

  1. Menyerahkan Formulir Pengecekan dan Menunggu Pengesahan

Setelah proses pemeriksaan selesai, petugas akan memberikan pengesahan formulir kepada Anda. Parkirkan kendaraan Anda dan kembali ke loket cek fisik untuk menyerahkan formulir pengecekan.

Setelah menyerahkan formulir, Anda hanya perlu menunggu sekitar 15 menit untuk mendapatkan pengesahan. Proses pengecekan kendaraan ini tidak dikenakan biaya, jadi pastikan Anda tidak memberikan uang kepada petugas yang meminta.

Perlu diingat, ada oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan pungutan liar demi keuntungan pribadi. Jika Anda telah mendapatkan pengesahan formulir, berarti proses perpanjangan STNK Anda telah selesai.

Demikianlah ulasan mengenai prosedur cek fisik kendaraan saat perpanjangan STNK 5 tahunan. Dengan mengetahui tahapannya, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga proses perpanjangan STNK kendaraan Anda dapat berjalan lancar. Demikianlah informasi mengenai prosedur perpanjangan STNK dengan mudah.