Ketahui Biaya Perpanjangan STNK Mobil: Panduan Lengkap dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Ingin tahu tentang biaya perpanjangan STNK mobil? Baca artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkap tentang prosedur, biaya, dan persiapan yang harus kamu lakukan. Jangan sampai STNK kendaraanmu kedaluwarsa. Simaklah artikel ini dan pastikan kendaraanmu tetap legal!

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) adalah dokumen resmi yang sangat penting bagi pemilik kendaraan. Namun, masa berlaku STNK terbatas hanya lima tahun. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perpanjangan agar tetap mematuhi peraturan yang berlaku. Namun, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk perpanjangan STNK? Artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai biaya perpanjangan STNK, termasuk komponen biaya, prosedur perpanjangan, dan persiapan yang harus kamu lakukan. Dengan membaca artikel ini, kamu akan mendapatkan pemahaman yang jelas dan siap untuk mengurus perpanjangan STNK dengan lancar.

Biaya Perpanjangan STNK Mobil: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

STNK, atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian. Dokumen ini merupakan hal yang penting untuk dimiliki dan harus selalu dibawa ketika kamu mengemudi.

Namun, perlu diketahui bahwa STNK memiliki masa berlaku selama lima tahun. Setelah periode tersebut berakhir, kamu wajib melakukan perpanjangan. Pertanyaannya adalah, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk perpanjangan STNK?

Menurut aturan yang berlaku, STNK memiliki masa berlaku selama lima tahun. Ketika masa berlaku mendekati habis, kamu harus segera melakukan perpanjangan.

Secara umum, biaya perpanjangan STNK terdiri dari dua komponen, yaitu biaya perpanjangan itu sendiri dan pembayaran pajak setiap tahun, serta biaya perpanjangan STNK sekaligus penggantian pelat nomor kendaraan setiap lima tahun sekali. Berikut ini adalah perkiraan kisaran harga biaya perpanjangan STNK:

  1. Biaya Penerbitan STNK

Biaya penerbitan STNK untuk kendaraan roda empat atau lebih adalah sebesar Rp200 ribu. Biaya ini berlaku untuk satu kali penerbitan per kendaraan.

Perlu diketahui bahwa biaya penerbitan ini harus dibayarkan saat pertama kali kamu memiliki kendaraan. Sedangkan, biaya perpanjangan STNK adalah biaya yang harus dibayarkan setiap lima tahun sekali. Besar nominalnya sama, yaitu Rp200 ribu.

  1. Biaya Pengesahan STNK

Selain biaya penerbitan STNK, terdapat juga biaya pengesahan. Biaya ini sebesar Rp50 ribu per pengesahan per tahun. Biaya pengesahan ini berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih, baik itu untuk pengesahan pertama kali maupun perpanjangan setiap lima tahun sekali.

Persiapan yang Harus Dilakukan

Selain mengetahui besaran biaya perpanjangan STNK, kamu juga perlu memahami prosedur yang harus dijalani saat berada di Kantor Samsat setempat.

Proses perpanjangan STNK dimulai dari persiapan dokumen yang diperlukan, pemeriksaan fisik kendaraan, hingga pembayaran biaya perpanjangan.

Dalam menjaga kelengkapan dokumen kendaraan, perpanjangan STNK merupakan hal yang penting. Kamu perlu mengingat masa berlaku STNK selama lima tahun dan melakukan perpanjangan tepat waktu. Pastikan untuk mengetahui biaya perpanjangan STNK, termasuk biaya penerbitan dan pengesahan, serta memahami prosedurnya. Dengan melakukan perpanjangan STNK secara tepat, kamu dapat memastikan kendaraanmu tetap berada dalam keadaan yang legal dan siap digunakan dalam aktivitas sehari-hari.