Hal-Hal yang Perlu Diperiksa Saat Cek Fisik Kendaraan Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Perpanjangan STNK kendaraan Anda selama 5 tahun ke depan membutuhkan cek fisik kendaraan di kantor Samsat terdekat. Pelajari hal-hal yang perlu diperiksa saat cek fisik kendaraan dalam artikel ini untuk memastikan STNK Anda dapat diperpanjang dengan lancar. Simak informasi penting mengenai apa itu  cek fisik kendaraan dan aspek apa saja yang di cek agar Anda siap sebelum mengunjungi Samsat.

Apakah Anda membutuhkan perpanjangan STNK kendaraan Anda selama 5 tahun ke depan? Jika iya, langkah penting yang perlu Anda lakukan adalah melakukan cek fisik kendaraan di kantor Samsat terdekat. Cek fisik ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi agar STNK dapat diperpanjang dengan lancar. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai hal-hal yang perlu diperiksa saat melakukan cek fisik kendaraan perpanjangan STNK 5 tahunan. Mengetahui prosedur dan persyaratan ini akan mempersiapkan Anda dengan baik sebelum mengunjungi Samsat untuk memperpanjang STNK kendaraan Anda. Cek fisik ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus Anda penuhi agar STNK dapat diperpanjang dengan lancar.

Apa Itu Cek Fisik Kendaraan?

Cek fisik kendaraan adalah kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh semua pemilik kendaraan bermotor. Pemeriksaan ini dilakukan secara berkala setiap 5 tahun saat STNK perlu diperpanjang.

Pentingnya Cek Fisik Kendaraan

Setiap pemilik kendaraan harus melakukan perpanjangan di kantor Samsat terdekat dan tidak bisa dilakukan secara online. Tanpa pemeriksaan kendaraan ini, STNK Anda kemungkinan besar tidak akan dapat diperpanjang. Selain itu, Anda juga tidak akan dapat mendapatkan pelat nomor baru dari pihak kepolisian.

Pemeriksaan ini bukanlah kegiatan iseng karena petugas Samsat memiliki tugas tersebut. Anda perlu tahu bahwa pemeriksaan tersebut sudah tertulis dalam Peraturan Kapolri No. 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, Pasal 26 No. 2. Dalam aturan tersebut, terdapat penjelasan yang jelas mengenai hal-hal yang perlu diperiksa, antara lain:

  1. Aspek Kelengkapan dan Fungsi Keselamatan

Pada cek fisik kendaraan, ada beberapa aspek kelengkapan dan fungsi keselamatan yang perlu diperiksa agar kendaraan Anda memenuhi standar keselamatan Ranmor Indonesia, antara lain:

  • Karoseri/rancang bangun sesuai peruntukan Ranmor.
  • Lampu-lampu.
  • Kaca spion.
  • Kondisi ban.
  • Dimensi Ranmor untuk mengetahui kesesuaian tinggi, lebar, dan panjang.
  • Panel kontrol.
  • Sabuk keselamatan dan segitiga pengaman untuk Ranmor roda 4 (empat) atau lebih.
  1. Aspek Identitas Kendaraan

Aspek identitas kendaraan juga perlu diperiksa saat cek fisik kendaraan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Kesesuaian antara dokumen dan fisik kendaraan.
  • Menggesek nomor rangka dan nomor mesin.

Demikian informasi mengenai Hal yang perlu diperiksa saat cek fisik kendaraan. Dengan mengetahui prosedur dan syarat tersebut, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum pergi ke Samsat untuk memperpanjang STNK kendaraan Anda. Pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan dan menjaga kondisi kendaraan Anda agar memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Semoga dengan adanya informasi ini menambah pengetahuan anda mengenai cek fisik kendaraan, sehingga anda tidak akan bingung ketika melalukan perpanjangan STNK 5 tahunan. Sekian Terimakasih.