Syarat Bayar Pajak Motor dan Caranya yang Perlu Anda Ketahui

Artikel ini memberikan panduan tentang cara bayar pajak motor online offline dan Syarat Bayar Pajak Motor yang perlu diketahui sebelum melakukan pembayaran pajak. Ada tiga cara yang bisa dipilih untuk membayar pajak motor, yaitu membayar langsung di Samsat atau offline serta  melalui aplikasi atau di Indomaret dan Alfamart yang bisa dibayar secara online.

Pada artikel ini anda akan mendapatkan informasi cara bayar pajak motor melalui offline dan online. Selain itu, artikel ini juga menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pembayaran pajak, seperti membawa STNK dan BPKB asli serta tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor. Dengan membaca artikel ini, pembayaran pajak motor dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa kendala.

Perpanjang pajak kendaraan bermotor secara rutin menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor, termasuk pajak motor. Maka dari itu, kami akan memberikan panduan tentang cara bayar pajak motor secara online ataupun offline dan syarat bayar  pajak motor.

Syarat Bayar Pajak Motor dan Caranya

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk membayar pajak motor secara online, yaitu:

Membayar secara langsung di Samsat

Cara pertama adalah dengan datang langsung ke kantor Samsat dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Isi formulir untuk memperpanjang STNK sesuai data yang tertera di STNK dan BPKB. Formulir tersebut bisa didapatkan di loket pendaftaran Samsat dan lengkapi data yang diminta.
  • Lampirkan dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan.
  • Setelah berkas lengkap, serahkan permohonan perpanjangan pajak STNK ke loket penyerahan berkas.
  • Tunggu nama kamu dipanggil sesuai dengan data di STNK, lalu hampiri petugas di loket.
  • Kamu akan menerima slip pembayaran pajak yang berisi jumlah biaya yang harus kamu bayarkan.
  • Serahkan biaya yang dibutuhkan beserta slip pembayaran tersebut ke petugas kasir.
  • Kamu akan mendapatkan bukti pelunasan pembayaran pajak, serahkan bukti tersebut ke loket pengambilan STNK.
  • Tunggu sampai nama kamu dipanggil oleh petugas dan ambil STNK kamu.

Dengan langkah-langkah tersebut, STNK kamu akan diperpanjang selama satu tahun. Untuk perpanjangan lima tahunan, kamu perlu membawa bukti pembayaran pajak STNK ke loket pengambilan TNKB untuk mendapatkan plat nomor baru.

Membayar di Indomaret dan Alfamart

Selain datang langsung ke Samsat atau menggunakan aplikasi SIGNAL, kamu juga dapat membayar pajak motor di Indomaret dan Alfamart.

Berikut cara membayar pajak kendaraan melalui Indomaret dan Alfamart:

  • Siapkan KTP, STNK asli, dan nomor handphone aktif.
  • Kunjungi Indomaret atau Alfamart, dan beritahu kasir bahwa kamu ingin membayar pajak motor.
  • Kasir akan meminta informasi seperti nomor polisi, nomor mesin kendaraan, dan nomor handphone pemilik kendaraan.
  • Kasir akan memasukkan data tersebut dan memberitahukan jumlah pajak yang harus kamu bayar.
  • Lakukan pembayaran sesuai jumlah pajak beserta biaya administrasi.
  • Setelah pembayaran berhasil, kamu akan mendapatkan struk pembayaran dan SMS dari Polri mengenai ElectronicSTNK (E-STNK) kamu.

Syarat-Syarat untuk Membayar Pajak Motor

Sebelum melakukan pembayaran pajak motor, pastikan kamu memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Membawa STNK asli
    Pastikan kamu membawa STNK asli kendaraan bermotor yang akan diperpanjang pajaknya. STNK ini akan diminta oleh petugas Samsat sebagai salah satu syarat untuk membayar pajak motor.
  2. Membawa BPKB asli
    BPKB asli kendaraan bermotor juga harus dibawa saat melakukan pembayaran pajak motor. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa kendaraan bermotor tersebut benar-benar milik kamu.
  3. Memiliki pajak kendaraan bermotor yang habis masa berlakunya
    Pastikan bahwa pajak kendaraan bermotor kamu sudah habis masa berlakunya. Jika belum habis masa berlakunya, kamu tidak dapat melakukan pembayaran pajak.
  4. Tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor
    Pastikan kamu tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor sebelum melakukan pembayaran pajak. Jika kamu memiliki tunggakan pajak, kamu harus membayarnya terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran pajak yang akan diperpanjang.
  5. Memiliki nomor registrasi kendaraan bermotor yang lengkap
    Pastikan bahwa nomor registrasi kendaraan bermotor kamu lengkap dan sesuai dengan data yang tertera di STNK dan BPKB. Jika terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian data, kamu harus mengurus perbaikan data terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran pajak.
  6. Memiliki uang yang cukup
    Pastikan bahwa kamu memiliki uang yang cukup untuk membayar pajak kendaraan bermotor kamu. Biaya pembayaran pajak kendaraan bermotor berbeda-beda tergantung jenis kendaraan dan masa berlaku pajaknya.

Itulah informasi mengenai syarat bayar pajak motor dan cara bayar pajak motor secara online lewat aplikasi dan offline lewat kantor samsat dan yang perlu diketahui. Pastikan kamu mempersiapkan semua persyaratan dengan baik agar pembayaran pajak motor kamu dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa kendala.