Cara Mudah Bayar Pajak Motor Online Tanpa Ribet

Membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) bisa menjadi hal yang merepotkan karena harus mengantri di kantor Samsat. Namun, kini Sahabat bisa membayar pajak motor secara online melalui layanan Samsat Online Nasional atau Samolnas. Layanan ini memungkinkan Sahabat untuk mengurus perpanjangan STNK, mengetahui informasi pajak, serta membayar pajak motor secara online. Berikut ini adalah cara mudah bayar pajak motor online.

Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Besaran pajak kendaraan bermotor (PKB) bervariasi tergantung dari jenis kendaraan, tahun keluar kendaraan, serta status kepemilikan kendaraan tersebut. Pajak untuk kendaraan bermotor milik pribadi adalah sebesar 2% untuk kendaraan pertama. Besaran pajak akan meningkat 0,5% untuk setiap kendaraan bermotor yang dimiliki berikutnya. Sehingga pajak untuk kendaraan bermotor kedua adalah 2,5% dan 3% untuk kendaraan bermotor ketiga.

Dasar pengenaan pajak juga didasarkan kepada bobot kendaraan bermotor dan nilai jual kendaraan bermotor. Bobot kendaraan bermotor berpengaruh secara relatif terhadap pencemaran lingkungan serta tingkat kerusakan jalan yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, pembayar pajak juga wajib membayar sumbangan wajib dana untuk kecelakaan lalu lintas jalan atau disebut SWDKLLJ. Biaya SWDKLLJ berbeda antara mobil dan motor. Pengendara motor membayar sebesar Rp 35 ribu sementara mobil Rp 143 ribu.

Biaya Pajak Motor

Sebagai contoh, jika Sahabat memiliki motor bebek keluaran tahun 2015 dengan harga jual Rp 15 juta, maka perhitungan bayar pajak motor online adalah:

Motor merupakan kepemilikan kedua sehingga terkena pajak progresif sebesar 2,5%
Harga jual motor x Pajak progresif = Rp 15 juta x 2,5% = Rp 375 ribu
Tambah biaya Sumbangan Wajib Dana untuk Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp 35 ribu
Total PKB yang harus dibayarkan sebanyak: Rp 410 ribu

Cara Bayar Pajak Motor Online

Sahabat bisa bayar pajak motor online dengan mudah melalui aplikasi Samsat Online Nasional yang tersedia di Google Playstore. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi “Samsat Online Nasional” di Google Playstore.
  2. Lakukan registrasi atau pendaftaran akun dengan mengisi data pribadi penting seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), NRKB, serta lima digit terakhir nomor rangka kendaraan. Jangan lupa juga untuk mengisi alamat email.
  3. Klik menu “Request” atau “Permintaan Kode Bayar”.
  4. Aplikasi akan memproses permintaan Sahabat dan menampilkan kode bayar serta SKKP elektronik.
  5. Lakukan pembayaran PKB sesuai dengan besaran pajak dan kode bayar yang telah diperoleh. Pembayaran bisa dilakukan melalui ATM bank, online banking, maupun teller. Ingat, kode bayar hanya berlaku selama 2 jam saja, jadi jika sudah lewat dari 2 jam, Sahabat harus mendaftar ulang.
  6. Bank yang menerima bayar pajak online melalui Samolnas adalah bank Permata, Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN, CIMB Niaga serta melalui ecommerce Tokopedia.
  7. Sahabat akan menerima struk serta elektronik TBPKP yang akan dikirimkan lewat email. Bukti pembayaran PKB ini berlaku selama 30 hari.
  8. Untuk mengesahkan STNK serta mendapatkan SKPD atau TBPKP yang asli maka sahabat harus mendatangi kantor Samsat langsung.

Setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia wajib membayar pajak kendaraan bermotor secararutin setiap tahunnya. Dengan adanya layanan Samsat Online Nasional, Sahabat bisa membayar pajak motor secara online tanpa harus mengantri di kantor Samsat. Dengan cara ini, Sahabat bisa menghemat waktu dan tenaga dalam membayar pajak motor.

Demikianlah informasi mengenai cara mudah bayar pajak motor online. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat yang ingin membayar pajak motor dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk membayar pajak motor secara rutin setiap tahunnya untuk menghindari sanksi dan denda dari pihak berwenang.