Panduan Lengkap Mengganti Plat Nomor Mobil yang Perlu Anda Tahu

Artikel ini memberikan panduan lengkap langkah-langkah mengganti plat nomor mobil. Mulai dari mengunjungi loket cek fisik, melakukan cek fisik kendaraan, menuju loket pendaftaran, melakukan pembayaran hingga pengambilan STNK dan plat nomor baru. Dengan panduan ini, Anda bisa melakukan proses penggantian plat nomor mobil dengan mudah dan lancar.

Bagi pemilik kendaraan bermotor, mengganti plat nomor mobil adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk memastikan legalitas kendaraan tetap terjaga. Namun, tidak semua orang mengetahui prosedur lengkap yang harus dilakukan saat ingin mengganti plat nomor mobil. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan lengkap langkah-langkah mengganti plat nomor mobil.

Langkah Mengganti Plat Nomor Mobil

Langkah Pertama: Kunjungi Kantor Samsat Terdekat
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi kantor Samsat terdekat sesuai dengan domisili Anda. Di sana, Anda akan mendapatkan formulir cek fisik kendaraan yang dilengkapi dengan kertas gesek untuk mengecek nomor rangka mesin kendaraan. Setelah itu, Anda akan bersama dengan petugas melakukan proses gesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.

Langkah Kedua: Melakukan Cek Fisik
Setelah mendapatkan formulir cek fisik kendaraan, Anda dan petugas akan melakukan cek fisik mobil yang platnya akan diganti. Waktu yang diperlukan untuk langkah ini memerlukan waktu sekitar 10 hingga 20 menit. Setelah selesai, Anda akan menerima bukti kertas gesek nomor mesin dan rangka.

Langkah Ketiga: Menuju Loket Pendaftaran
Setelah melakukan cek fisik, langkah selanjutnya adalah menuju loket pendaftaran. Di sini, Anda diharuskan menyerahkan dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya seperti STNK, BPKB, dan KTP, serta formulir cek fisik yang sudah diisi dan bukti kertas gesek nomor mesin dan rangka. Setelah itu, Anda akan menerima nomor antrian untuk dipanggil selanjutnya.

Langkah Keempat: Pembayaran
Setelah dokumen dan hasil pemeriksaan fisik sudah cocok dan lengkap, Anda akan dipanggil untuk melakukan pembayaran biaya ganti plat mobil 5 tahunan. Pastikan Anda menyiapkan uang pas agar mempercepat proses pembayaran. Setelah itu, Anda akan diberikan kwitansi sebagai bukti telah melakukan pembayaran.

Langkah Kelima: Pengambilan STNK dan Plat Nomor Baru
Setelah proses pembayaran selesai, Anda akan dipanggil kembali untuk mengambil STNK dan plat nomor baru. Pastikan Anda membawa kwitansi pembayaran dan dokumen-dokumen penting seperti STNK dan BPKB.

Demikianlah panduan lengkap langkah-langkah mengganti plat nomor mobil yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa calo. Dengan melakukan proses ganti plat nomor mobil sendiri, selain lebih cepat dan murah, Anda juga akan mendapatkan pengalaman baru yang bermanfaat. Sehingga anda akan lebih hemat dan tidak dirugikan oleh calo yang terkadang mengambil keuntungan yang lumayan besar. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba melakukannya sendiri ya!