Perubahan Pelat Nomor Hitam Menjadi Putih: Syarat dan Biaya

Mulai pertengahan tahun 2022 kemarin, peraturan baru terkait perubahan pelat nomor kendaraan diberlakukan untuk memastikan bahwa semua kendaraan menggunakan pelat nomor berwarna putih. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya, apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perubahan pelat nomor hitam menjadi putih? Artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai hal tersebut.

Syarat Perubahan Pelat Nomor Putih

Perubahan pelat nomor kendaraan menjadi putih berlaku di seluruh Indonesia, meskipun implementasinya dilakukan secara bertahap. Namun, kendaraan pemerintah dan transportasi umum tetap menggunakan warna pelat nomor yang sama seperti sebelumnya.

Menurut Peraturan Polisi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, perubahan pelat nomor menjadi putih dilakukan untuk menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), yang merupakan sistem tilang elektronik yang menggunakan kamera sebagai bukti pelanggaran.

Berdasarkan Pasal 45 Ayat 1 (a) dalam peraturan tersebut, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing, dan Badan Internasional akan berubah menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam. Pelat nomor putih ini memiliki ukuran, ketebalan, dan bahan yang sama dengan pelat nomor hitam sebelumnya.

Perubahan ini telah diterapkan secara bertahap mulai pertengahan tahun 2022 kemarin, dimulai dari kendaraan baru yang akan didaftarkan, kendaraan yang masa berlaku pelatnya habis, atau bagi pemilik kendaraan yang melakukan perpanjangan STNK atau perubahan pemilik kendaraan.

Jika masa berlaku STNK Anda telah habis dan Anda juga harus membayar pajak tahunan, Anda dapat sekaligus melakukan perubahan pelat nomor kendaraan bermotor Anda.

Namun, perlu diingat bahwa perubahan pelat nomor putih untuk kendaraan 5 tahunan memiliki beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan.

Berikut adalah persyaratan perubahan pelat nomor putih untuk kendaraan 5 tahunan dalam rangka penerbitan STNK dan TNKB baru:

  1. STNK asli dan fotokopi
  2. BPKB asli dan fotokopi (BPKB asli harus diperlihatkan ke petugas)
  3. KTP asli dan fotokopi KTP pemilik sesuai dengan data identitas kendaraan (khusus untuk kendaraan atas nama perorangan)
  4. Fotokopi Domisili Perusahaan, NPWP Perusahaan, SIUP Perusahaan, dan TDP Perusahaan (khusus untuk kendaraan atas nama perusahaan)
  5. Surat kuasa, jika Anda memberikan kuasa kepada pihak lain untuk melakukan pengurusan. Untuk kendaraan atas nama perusahaan, Surat Kuasa harus menggunakan Kop Surat Perusahaan, tanda tangan pemberi kuasa, dan stempel perusahaan di atas materai (sertakan juga fotokopi KTP Pemberi Kuasa)
  6. Bukti cek fisik kendaraan

Biaya Perubahan Pelat Nomor Putih

Pasti ada pertanyaan mengenai biaya yang harus disiapkan oleh pemilik kendaraan untuk melakukan perubahan pelat nomor hitam menjadi putih. Dalam hal biaya perubahan pelat nomor putih, tidak ada perubahan biaya yang harus dikhawatirkan.

Artinya, biaya perubahan ini sama dengan biaya yang dikeluarkan saat Anda mengganti pelat nomor hitam setiap 5 tahun. Biaya resmi untuk penerbitan TNKB telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlakudi Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menurut peraturan tersebut, biaya penerbitan TNKB untuk kendaraan roda dua atau roda tiga adalah sebesar Rp 60.000,00, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih besar dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,00. Anda dapat mengurusnya langsung dengan mendatangi kantor Samsat di kota Anda sambil membawa kendaraan yang akan diubah pelat nomornya.

Perubahan pelat nomor kendaraan hitam menjadi putih telah menjadi kebijakan nasional yang akan diterapkan secara bertahap mulai pertengahan tahun 2022. Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk perubahan pelat nomor putih meliputi persyaratan dokumen seperti STNK asli, BPKB asli, KTP pemilik, dan surat kuasa jika diperlukan. Biaya perubahan pelat nomor putih tidak berbeda dengan biaya penggantian pelat nomor hitam setiap 5 tahun. Jadi, jika Anda memiliki kendaraan yang memenuhi syarat, segera lakukan perubahan pelat nomor kendaraan Anda agar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penting untuk diingat bahwa informasi dalam artikel ini dapat berubah mengikuti peraturan dan kebijakan yang diberlakukan oleh pihak berwenang. Pastikan untuk selalu memperbarui diri dengan informasi terkini dari sumber yang terpercaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perubahan pelat nomor kendaraan. Terima kasih telah membaca!