Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK) dan Penggunaannya di Luar Kota

Artikel ini membahas tentang penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK) di luar kota. Menurut Kanit Lantas Polsek Ciracas, AKP Gede Oka Sukamto, STCK bisa digunakan di luar kota dengan syarat membawa STCK yang sesuai dengan TNKB. Artikel ini juga menjelaskan tentang biaya pembuatan STCK dan masa berlakunya. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan di luar kota dengan STCK, baca artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Apakah Anda baru saja membeli kendaraan dan ingin menggunakannya di luar kota tanpa STNK? Jangan khawatir, pelat nomor sementara atau lebih dikenal dengan STCK bisa menjadi solusinya. Namun, apakah STCK bisa digunakan di luar kota? Mari kita cari tahu.

Apa itu Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK)?

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai penggunaan STCK di luar kota, mari kita terlebih dahulu memahami apa itu STCK. STCK adalah surat jalan sementara yang diberikan kepada kendaraan baru sebelum terbitnya STNK asli. STCK ini berlaku selama satu bulan saja. Sehingga, pemilik kendaraan harus segera mengurus STNK dan TNKB kendaraannya.

Namun, proses pengurusan STNK dan TNKB membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, kepolisian dan Samsat bisa menerbitkan STCK sebagai pengganti STNK sementara waktu.

Apakah STCK Boleh Digunakan di Luar Kota?

Menurut Pasal 69 ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), STCK bisa digunakan untuk kendaraan yang akan melintas di luar kota dengan catatan membawa STCK sesuai dengan TNKB.

Kanit Lantas Polsek Ciracas, AKP Gede Oka Sukamto menjelaskan bahwa STCK sudah memuat registrasi dan identifikasi kendaraan, termasuk dealer dan pemilik yang nantinya namanya akan masuk ke STNK yang asli. Sehingga, kendaraan dengan STCK tetap bisa digunakan di luar kota dengan syarat membawa STCK yang sesuai dengan TNKB.

Namun, perlu diingat bahwa STCK hanya berlaku selama satu bulan. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan Anda di luar kota setelah STCK habis masa berlakunya, pastikan Anda sudah memiliki STNK asli.

Berapa Biaya Pembuatan STCK?

Untuk mendapatkan STCK, pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya pembuatan surat jalan. Namun, jangan khawatir, biaya pembuatan surat jalan mobil baru tidaklah mahal.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa STCK bisa digunakan di luar kota dengan syarat membawa STCK yang sesuai dengan TNKB. Namun, perlu diingat bahwa STCK hanya berlaku selama satu bulan. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan Anda di luar kota setelah masa berlaku STCK habis, pastikan Anda sudah memiliki STNK asli. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan di luar kota dengan STCK.