Masa Berlaku SIM di Indonesia dan Beberapa Negara Tetangga

Artikel ini berisi perbandingan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) di beberapa negara tetangga Indonesia, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam. Dalam artikel ini, akan dibahas regulasi masa berlaku SIM di masing-masing negara tersebut, sehingga akan memberikan informasi yang berguna bagi pemilik SIM dalam mempersiapkan perpanjangan SIM.

Setiap negara memiliki regulasi yang berbeda dalam hal masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM). Indonesia, misalnya, mewajibkan pemegang SIM untuk melakukan perpanjangan setiap 5 tahun sekali. Namun, bagaimana dengan negara-negara tetangga Indonesia? Apakah masa berlaku SIM di sana lebih lama atau lebih pendek? Berikut ini adalah perbandingan masa berlaku SIM di beberapa negara tetangga.

Malaysia

Pada bulan Mei 2023, Malaysia akan memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) dari 5 tahun menjadi 10 tahun. Menteri Perhubungan Malaysia, Anthony Loke, menjelaskan bahwa kebijakan perpanjangan ini didasarkan pada upaya meningkatkan pelayanan publik dan juga memotivasi masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas. Namun, perpanjangan ini hanya berlaku untuk warga negara Malaysia saja, bukan untuk warga negara asing.

Singapura

Di Singapura, warga negara tidak perlu melakukan perpanjangan SIM karena SIM di sana berlaku seumur hidup. Sedangkan bagi warga negara asing, SIM Singapura berlaku selama lima tahun sejak tanggal penerbitan. Pemegang SIM warga asing dapat memperbarui SIM di Departemen Polisi Lalu Lintas dalam waktu satu bulan sebelum tanggal kedaluwarsa.

Thailand

Di Thailand, masa berlaku SIM adalah lima tahun sejak tanggal ulang tahun pemilik. Pemilik SIM bisa memperbarui SIM hingga tiga bulan sebelum berakhirnya lisensi saat ini. Jika masa berlaku SIM telah kedaluwarsa lebih dari satu tahun, warga harus mengikuti tes teori tertulis dan mencapai skor minimal 90.

Brunei Darussalam

Di Brunei Darussalam, warga yang berhasil lulus ujian mengemudi dapat mengajukan SIM Sementara yang berlaku selama satu tahun. Setelah satu tahun, SIM Sementara tersebut dapat diperpanjang menjadi SIM Lengkap. Masa berlaku SIM Lengkap dapat dipilih menjadi 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, atau 10 tahun.

Masa berlaku SIM di setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Di Indonesia, masa berlaku SIM selama 5 tahun, sedangkan di Malaysia akan diperpanjang menjadi 10 tahun pada bulan Mei 2023. Di Singapura, SIM bagi warga negara berlaku seumur hidup, sedangkan bagi warga negara asing berlaku selama lima tahun. Di Thailand, masa berlaku SIM adalah lima tahun sejak tanggal ulang tahun pemilik, dan di Brunei Darussalam, warga dapat memilih masa berlaku SIM Lengkap mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun. Oleh karena itu, sebagai pemilik SIM, penting untuk mengetahui berbagai kebijakan masa berlaku SIM di negara-negara tetangga agar dapat mempersiapkan diri dengan baik.