Ini Syarat, Tahapan, dan Biaya Mendapatkan SIM A di Indonesia Tahun 2023

Apabila Anda ingin mengemudikan kendaraan bermotor dengan berat maksimum 3.500 kilogram, maka Anda memerlukan Surat Izin Mengemudi (SIM) kategori A. Sebelum memperoleh SIM A tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan tahapan yang harus dilalui. Berikut adalah penjelasannya secara detail.

Persyaratan untuk Membuat SIM A di Indonesia Tahun 2023

Sebelum memulai proses pembuatan SIM A, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Usia minimal 17 tahun
  2. Kondisi jasmani dan rohani yang sehat. Kondisi jasmani meliputi penglihatan, pendengaran, dan gerak anggota fisik, sementara kesehatan rohani meliputi kemampuan kognitif, psikomotorik, dan kepribadian.
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Pasfoto ukuran 3×4 atau 2×3 sebanyak 2-4 lembar
  5. Fotokopi KTP sebanyak 4 lembar
  6. Perekaman biometrik berupa sidik jari dan/atau pengenalan wajah maupun retina mata
  7. Bukti pembayaran penerimaan negara bukan pajak

Tetap diingat bahwa pemeriksaan jasmani dilakukan oleh dokter Polri atau dokter umum yang telah direkomendasikan oleh Polri, sedangkan pemeriksaan rohani dilakukan oleh psikolog Polri atau psikolog di luar Polri yang telah direkomendasikan oleh Polri.

Tahapan untuk Membuat SIM A di Indonesia Tahun 2023

Setelah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah memenuhi tahapan pembuatan SIM A di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS). Berikut adalah tahapan pembuatan SIM A yang harus dilakukan:

  1. Datang ke SATPAS pada hari dan jam kerja.
  2. Mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan dokumen yang diminta.
  3. Membayar biaya tes kesehatan fisik dan asuransi.
  4. Mengikuti tes kesehatan dan psikologi.
  5. Mengikuti ujian teori berbasis komputer. Jika gagal, pemohon bisa mengerjakan tes tersebut hingga tiga kali dalam rentang waktu 14 hari.
  6. Melakukan ujian praktik menggunakan mobil dari SATPAS setelah lolos ujian teori.
  7. Melakukan perekaman biometrik, tanda tangan digital, dan foto diri untuk pembuatan SIM A.
  8. Menunggu beberapa saat hingga SIM A selesai dicetak.

Biaya untuk Membuat SIM A di Indonesia Tahun 2023

Pada tahun 2023, biaya pembuatan SIM A masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. Biaya untuk pembuatan SIM A dan SIM A umum adalah Rp 120.000. Selain itu, pemohon SIM A umum juga harus membayar biaya Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi sebesar Rp 50.000. Biaya tersebut belum termasuk jaminan asuransi sebesar Rp 30.000 dan biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp 75.000.

Demikianlah informasi tentang persyaratan, tahapan, dan biaya untuk pembuatan SIM A di Indonesia tahun 2023. Pastikan semua persyaratan terpenuhi dan tahapan diikuti dengan benar agar proses pembuatan SIM A berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengemudikan kendaraan bermotor dengan kategori berat maksimum 3.500 kilogram.