Ini Alasan Kenapa Memasang Tanda Nomor Kendaraan Begitu Penting Bagi Pengendara Motor

Pasal 280 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur bahwa setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan (TNKB) akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memiliki TNKB bagi setiap kendaraan bermotor yang berada di jalan raya.

TNKB adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor. TNKB berfungsi sebagai identitas kendaraan dan juga sebagai sarana pengawasan oleh pihak keamanan dan pemerintah. TNKB juga berisi informasi tentang pemilik kendaraan, jenis kendaraan, nomor polisi, dan masa berlaku STNK.

Namun, masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang tidak memasang TNKB pada kendaraannya. Beberapa alasan yang sering diutarakan adalah karena TNKB hilang atau dicuri, atau karena sengaja tidak dipasang untuk menghindari pajak kendaraan.

Padahal, tidak memasang TNKB pada kendaraan bermotor adalah pelanggaran yang dapat dikenakan sanksi pidana. Selain itu, tidak memasang TNKB juga dapat menyebabkan kendaraan tersebut sulit dilacak jika terjadi kecelakaan atau kejahatan.

Oleh karena itu, setiap pemilik kendaraan bermotor harus memastikan bahwa kendaraannya selalu dilengkapi dengan TNKB yang sah dan berlaku. Apabila TNKB hilang atau dicuri, segera laporkan ke polisi dan lakukan penggantian TNKB yang baru.

Bagi yang sengaja tidak memasang TNKB untuk menghindari pajak, sebaiknya berpikir ulang. Selain dapat dikenakan sanksi pidana, tidak membayar pajak kendaraan juga dapat menyebabkan kendaraan ditilang atau bahkan disita oleh pihak berwenang.

Selain itu, penggunaan TNKB yang sah juga dapat membantu mencegah tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan. Dengan adanya TNKB yang sah dan terpasang dengan baik, kendaraan menjadi lebih mudah dilacak jika terjadi kejahatan atau pencurian.

Dalam hal penggantian TNKB, pemilik kendaraan harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Persyaratan tersebut antara lain melampirkan fotokopi STNK yang masih berlaku, fotokopi KTP pemilik kendaraan, dan membayar biaya penggantian TNKB yang telah ditetapkan.

Dalam mengendarai kendaraan bermotor, setiap pengendara harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu aturan tersebut adalah memasang TNKB pada kendaraan. Dengan mematuhi aturan ini, kita dapat membantu menciptakan keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Dalam kesimpulan, setiap pengendara kendaraan bermotor harus memasang TNKB pada kendaraannya untuk memenuhi persyaratan hukum dan juga untuk keamanan dalam berlalu lintas. Tidak memasang TNKB dapat menyebabkan sanksi pidana dan menjadi kendaraan sulit dilacak jika terjadi kejahatan atau kecelakaan. Jadi, jangan lupa pasang TNKB pada kendaraan Anda dan patuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.