Cara dan Syarat Pembuatan SIM C1 dan C2 serta Biayanya yang Resmi Berlaku di Januari 2023

Artikel ini membahas tentang persyaratan, prosedur, dan biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 dan C2 yang telah berlaku pada Januari 2023. Dalam artikel ini dijelaskan secara lengkap mengenai tahapan pembuatan SIM C1 dan C2 serta syarat yang harus dipenuhi oleh para calon pengendara. Baca artikel ini untuk mengetahui informasi penting agar proses pembuatan SIM berjalan lancar.

Pada awal tahun 2023, Kepolisian telah menerapkan aturan baru dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), di mana SIM C akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu SIM C, SIM C1, dan SIM C2 sesuai dengan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi (SIM). Bagi Anda yang ingin membuat SIM C1 atau SIM C2, berikut adalah informasi penting mengenai persyaratan dan prosedur pembuatan.

Untuk mendapatkan SIM C1 atau SIM C2, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti usia minimal 17 tahun, fotokopi KTP sebanyak tiga lembar, dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing (WNA), surat keterangan dokter, mengisi formulir permohonan SIM baru, dan melampirkan tanda pembayaran permohonan penerbitan SIM.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, Anda dapat mengajukan pembuatan SIM C1 atau SIM C2 dengan mengikuti tahapan-tahapan berikut. Pertama, datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas SIM) Polres dan menuju ke meja informasi untuk pengecekan kelengkapan berkas persyaratan.

Kemudian, setelah berkas dinyatakan lengkap, Anda akan diberikan formulir permohonan SIM yang harus diisi dengan lengkap. Selanjutnya, mengambil nomor antrian pada mesin antrian dan menyerahkan berkas persyaratan dan formulir permohonan SIM yang telah diisi lengkap ke petugas di loket pendaftaran untuk diregistrasi. Setelah itu, menunggu di ruang tunggu Satpas untuk panggilan dari loket verifikasi dan identifikasi.

Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan diarahkan untuk mengikuti ujian teori dan praktek. Ujian praktek tes pembuatan SIM C1 dan SIM C2 dilakukan dengan mengambil motor yang disediakan oleh petugas. Apabila dinyatakan lulus, harap menunggu di ruang Satpas selama proses pencetakan SIM. Terakhir, ambil SIM yang telah diselesaikan oleh pihak kepolisian jika semua prosedur sudah dilewati.

Untuk biaya pembuatan SIM C1 dan C2, Anda harus membayar sebesar Rp100.000. Biaya ini sama untuk kedua jenis SIM tersebut.

Demikianlah informasi mengenai cara dan syarat pembuatan SIM C1 dan C2 serta biayanya yang resmi berlaku pada Januari 2023. Pastikan Anda memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan agar proses pembuatan SIM berjalan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan SIM C1 dan SIM C2.