Tips Praktis untuk Lulus Ujian SIM C: Ketahui Jenis Rintangan dan Teknik Dasar untuk Melaluinya

Artikel ini berisi tips praktis untuk membantu Anda lulus ujian praktek pembuatan SIM C dengan mudah. Dalam artikel ini, kami menjelaskan jenis-jenis rintangan yang akan dihadapi di ujian praktek SIM C dan memberikan teknik dasar untuk melaluinya. Dengan membiasakan diri dengan motor yang akan digunakan, serta mengikuti tips praktis yang diberikan, Anda akan lebih percaya diri dan mampu melewati ujian praktek pembuatan SIM C dengan mudah.

Ujian praktek pembuatan SIM C dapat menjadi momok bagi sebagian orang. Namun, dengan persiapan yang tepat, Anda bisa melewatinya dengan mudah. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah jenis rintangan yang akan dihadapi di ujian praktek SIM C dan teknik dasar untuk melaluinya. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk membantu Anda lulus ujian SIM C.

Jenis Rintangan di Ujian Praktek SIM C

Ada empat jenis rintangan di ujian praktek pembuatan SIM C, yaitu Jalur Zig – Zag, Jalur Angka 8, Tes Reaksi Menghindar, dan Letter U. Setiap rintangan memiliki trik tersendiri untuk melaluinya. Namun, yang pasti, Anda harus terbiasa terlebih dahulu dengan motor yang akan digunakan di ujian. Minta waktu dari polisi untuk membiasakan diri dengan motor tersebut. Di beberapa tempat, Anda juga diperbolehkan menggunakan motor sendiri saat ujian SIM.

Teknik Dasar untuk Melalui Rintangan di Ujian SIM C

  1. Jalur Zig – Zag

Untuk melalui rintangan Jalur Zig – Zag, Anda perlu mengendarai motor dengan luwes dan tidak terlalu cepat. Bahu dan badan yang luwes akan membantu Anda melewati rintangan ini. Bukaan gas yang tidak terlalu besar juga diperlukan agar motor tetap seimbang.

Jika Anda menggunakan motor bebek, gunakan gigi 2 untuk berjalan. Jangan naikkan gigi, jangan pula diturunkan. Tujuannya untuk menjaga kestabilan motor supaya bisa melewati rintangan.

Kalau menggunakan motor matic, buka gas perlahan dan jaga gasnya supaya stabil. Cara mengendarai motor matic di ujian SIM akan lebih mudah dengan pengaturan gas yang tepat.

  1. Jalur Angka 8

Rute Jalur Angka 8 sering menjadi momok bagi peserta ujian SIM C. Namun, jika Anda tahu triknya, rute ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Selain butuh keluwesan dalam melakukan manuver, Anda juga perlu melakukan trik counter steering di track ini. Counter steering adalah dengan memposisikan duduk di kiri ketika akan berbelok ke kanan, dan duduk di sebelah kanan ketika berbelok ke kiri. Hanya cukup geser tempat duduk dan Anda akan lebih mudah melewati rute ini.

Fokus juga menjadi hal yang penting untuk melewati rute ini. Jaga visi Anda untuk melihat keadaan sekitar, untuk memprediksi kemana motormu akan bergerak dan meliuk. Dengan fokus dan teknik yang benar, rute ini bisa terlewati dengan mudah.

  1. Tes Reaksi Menghindar

Tes Reaksi Menghindar lebih mudah daripada rute Jalur Angka 8. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus dan tidak berkendara terlalu kencang serta melakukan pengereman kaki sembari menunggu lampu menyala. Pilih rute di mana lampu dinyalakan. Dengan begitu, Anda akan lulus dengan mudah.

  1. Rute Letter U

Rute Letter U akan sangat mudah dilalui jika Anda sudah bisa melalui rute Jalur Zig – Zag dan Jalur Angka 8. Jangan lupa, lakukan kembali counter steering saat Anda mulai menikung.

Mempersiapkan diri dengan baik sebelum ujian praktek pembuatan SIM C adalah kunci untuk lulus dengan mudah. Ketahui jenis rintangan yang akan dihadapi di ujian dan teknik dasar untuk melaluinya. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya diri dan mampu melewati ujian praktek pembuatan SIM C dengan mudah.