Cara Perpanjang SIM Online dan Keliling, Lengkap dengan Syarat dan Biaya!

Artikel ini memberikan panduan lengkap tentang cara perpanjang SIM secara online dan keliling, lengkap dengan persyaratan dan biayanya. Anda akan mengetahui dokumen yang harus dipersiapkan, langkah-langkah perpanjangan SIM secara online dan keliling, serta biaya perpanjangan SIM yang berlaku. Penting untuk selalu memperpanjang SIM secara berkala agar dapat memastikan kelangsungan berlakunya SIM dan menghindari potensi sanksi atau masalah hukum yang mungkin timbul akibat penggunaan SIM yang tidak berlaku.

Mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku sangat penting bagi para pengemudi. Oleh karena itu, perpanjangan SIM secara rutin sangat dianjurkan untuk menjaga agar SIM tetap berlaku. Apabila Anda mencari cara untuk memperpanjang SIM, baik secara online maupun dengan mengunjungi lokasi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) keliling, panduan berikut akan memberikan informasi lengkap untuk Anda.

Sebelum membahas cara perpanjangan SIM, penting untuk mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi. Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan untuk perpanjangan SIM meliputi Surat Izin Mengemudi asli yang akan diperpanjang, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak dua lembar, fotokopi Surat Izin Mengemudi sebanyak dua lembar, Surat Keterangan Sehat dari dokter/puskesmas, formulir perpanjangan SIM yang telah diisi dengan lengkap, mengikuti dan lulus tes psikologi, serta membayar biaya perpanjangan SIM sesuai dengan jenis SIM yang diperpanjang dan ketentuan yang berlaku.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengunjungi Satpas, memperpanjang SIM secara online dapat menjadi alternatif yang mudah dan efisien. Langkah-langkah perpanjangan SIM secara online meliputi menyiapkan dokumen persyaratan, melakukan tes RIKKES jasmani dan tes psikologi melalui ponsel, membuka aplikasi Digital Korlantas Polri, memilih menu “SIM” dan pilih “Perpanjangan SIM”, mengunggah dokumen yang diperlukan untuk melakukan perpanjangan SIM, memilih Satpas penerbit, memasukkan nomor rekening pengembalian dana jika pengajuan perpanjangan SIM ditolak oleh Satpas, memilih metode pengiriman atau pengambilan, memilih metode pembayaran, dan memeriksa status perpanjangan SIM di menu “Transaksi”. Setelah SIM diterima, pemohon diminta untuk mengisi indeks kepuasan pelanggan transaksi.

Selain memperpanjang SIM secara online, Anda juga bisa mengunjungi lokasi Satpas keliling untuk memperpanjang SIM. Langkah-langkah perpanjangan SIM keliling meliputi melengkapi semua persyaratan, datang ke tempat perpanjangan SIM secara langsung, menyerahkan semua persyaratan perpanjangan SIM kepada petugas di loket penerimaan dokumen, datang ke loket produksi untuk proses identifikasi, menunggu proses identifikasi selesai, dan menerima kartu SIM perpanjangan baru dari petugas.

Biaya perpanjangan SIM telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 dan tergantung pada jenis SIM yang diperpanjang. Namun, biaya perpanjangan SIM bisa berbeda di setiap daerah atau lokasi Satpas keliling. Sebaiknya, periksa biaya perpanjangan SIM di Satpas atau lokasi Satpas keliling terdekat sebelum melakukan perpanjangan SIM.

Demikianlah panduan lengkap cara memperpanjang SIM secara online dan keliling, lengkap dengan persyaratannya dan biayanya. Selalu perpanjang SIM secara berkala untuk memastikan kelangsungan berlakunya SIM dan menghindari potensi sanksi atau masalah hukum yang mungkin timbul akibat penggunaan SIM yang tidak berlaku.