Tahapan Tes Tamtama TNI AD Terbaru Tahun Ini yang Perlu Anda Tahu

Anda ingin menjadi seorang Tentara Militer Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD)? Salah satu cara untuk bergabung dengan TNI AD adalah melalui Tes Tamtama.

Tes Tamtama TNI AD adalah tes penerimaan anggota baru untuk menjadi prajurit TNI AD yang bertugas di tingkat rendah. Tes Tamtama TNI AD terdiri dari beberapa tahapan tes untuk menyeleksi calon-calon yang memenuhi syarat untuk menjadi prajurit TNI AD. Berikut adalah tahapan tes Tamtama TNI AD dan strategi cerdik untuk menghadapinya.

  1. Tes Administrasi

Tahapan pertama dari Tes Tamtama TNI AD adalah Tes Administrasi. Tes Administrasi adalah tahapan pemeriksaan kebenaran dan kelengkapan berkas yang diserahkan oleh calon peserta kepada petugas pendaftaran. Petugas pemeriksa kelengkapan administrasi berpedoman pada persyaratan yang ditulis dalam pengumuman penerimaan Tamtama TNI AD.

Oleh karena itu, pastikan berkas lamaran Anda dibuat lengkap dan benar dengan membaca syarat berkas mendaftar di Tamtama TNI AD. Kesalahan atau kekurangan yang ditemukan dalam berkas lamaran menyebabkan calon dinyatakan tidak lulus Tes Administrasi dan tidak diikutkan dalam tes tahap berikutnya.

  1. Tes Kesamaptaan Jasmani

Tahapan kedua dari Tes Tamtama TNI AD adalah Tes Kesamaptaan Jasmani. Seorang prajurit TNI AD harus memiliki kesamaptaan jasmani yang baik karena tugas di lapangan menuntut kesehatan dan kesamaptaan badan yang prima. Oleh karena itu, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Tes Kesamaptaan Jasmani. Untuk lolos Tes Kesamaptaan Jasmani di Tamtama TNI AD, Anda dapat membaca macam-macam tes kesamaptaan jasmani Tamtama TNI AD.

  1. Tes Kesehatan

Tahapan ketiga dari Tes Tamtama TNI AD adalah Tes Kesehatan. Tes Kesehatan biasanya dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama khususnya pemeriksaan bagian luar tubuh seperti tinggi dan berat badan, postur, telinga, kulit, virginitas dan payudara (khusus wanita), varikokel dan hernia (khusus pria), ambeien, amandel, tangan, dan jemari, mata, gigi, THT, alat reproduksi, anus, bentuk kaki X atau O, varises hingga telapak kaki, dalam tahap ini calon diperiksa oleh panitia Tes khususnya panitia bidang kesehatan. Tahap kedua khusus pemeriksaan bagian dalam tubuh seperti urine, darah, dan Rontgen.

  1. Tes Psikologi

Tahapan keempat dari Tes Tamtama TNI AD adalah Tes Psikologi. Tes Psikologi bertujuan untuk menemukan calon yang cocok dan mampu menjadi prajurit TNI AD. Tes Psikologi mengungkap banyak hal antara lain kecerdasan, kejujuran, ketelitian, keberanian, minat bakat, dan ketahanan. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan memahami tujuan dan jenis-jenis tes psikologi yang ada.

  1. Tes Mental Ideologi

Tahapan kelima dari Tes Tamtama TNI AD adalah Tes Mental Ideologi. Tes Mental Ideologi bertujuan untuk menilai mental calon dan untuk mengetahui seberapa jauh wawasan kebangsaan yang mereka miliki. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan memahami tujuan Tes Mental Ideologi serta menguasai materi seperti Pancasila, UUD 1945, wawasan nusantara, PKI, kebijakan pemerintah, agama, kebersamaan dalam perbedaan, seks, dan pergaulan remaja, serta berita-berita atau isu kebangsaan terkini.

  1. Tes Wawancara

Tahapan keenam dari Tes Tamtama TNI AD adalah Tes Wawancara. Tes Wawancara dapat mengungkap banyak haltentang kepribadian, motivasi, dan kemampuan calon prajurit TNI AD. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan memiliki sikap yang sopan dan menghargai selama wawancara. Berikan jawaban yang jujur dan terbuka, serta tunjukkan kemampuan berkomunikasi yang baik.

  1. Tes Akademik

Tahapan terakhir dari Tes Tamtama TNI AD adalah Tes Akademik. Tes Akademik bertujuan untuk mengukur kemampuan calon prajurit dalam bidang akademik seperti matematika, fisika, dan bahasa Indonesia. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan mempelajari materi-materi yang akan diujikan pada Tes Akademik.

Demikianlah tahapan-tahapan Tes Tamtama TNI AD dan strategi cerdik untuk menghadapinya. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan mempelajari materi-materi yang akan diujikan pada setiap tahapan tes. Selain itu, jaga kesehatan dan kesamaptaan jasmani Anda agar dapat mengikuti tes dengan optimal. Semoga berhasil dan sukses untuk menjadi prajurit TNI AD yang berkualitas!