Tes Jasmani dalam Seleksi Polisi: Ketentuan dan Persiapan yang Perlu Diketahui

Tes jasmani merupakan salah satu tahapan penting dalam seleksi penerimaan calon anggota Polri. Tes ini menjadi perhatian peserta seleksi karena berpengaruh besar terhadap kelulusan mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon anggota Polri untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes jasmani.

Tes jasmani terdiri dari tiga bagian, yaitu tes kesamaptaan jasmani A dan B, tes renang, dan tes antropometri. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ketentuan tes jasmani dalam seleksi Polisi:

Tes Kesamaptaan Jasmani A dan B

Tes kesamaptaan jasmani A terdiri dari tes lari selama 12 menit di lapangan dengan 1 putaran sejauh 400 meter. Setiap putaran yang ditempuh peserta akan dicatat oleh petugas. Sedangkan tes kesamaptaan jasmani B terdiri dari pull up (untuk pria), chinning (untuk wanita), push up (untuk pria dan wanita), dan shuttle run atau lari angka delapan.

Untuk pull up, peserta harus melakukan gerakan naik turun dengan tangan lurus sampai dagu melewati palang. Sedangkan untuk chinning, peserta harus menarik badan ke arah palang dengan kedua kaki tetap lurus sampai dada bagian atas menyentuh palang, kemudian kembali ke posisi semula. Pada tes push up, peserta harus melakukan gerakan naik turun dengan badan dalam posisi tertentu. Pada shuttle run atau lari angka delapan, peserta harus berlari sebanyak 3 kali dengan penilaian kecepatan waktu.

Tes Renang

Tes renang terdiri dari jarak yang ditempuh sejauh 25 meter dengan gaya yang sesuai dengan kemampuan peserta. Peserta tidak boleh menyentuh dan berpegangan pada tali pembatas, jika melakukannya maka peserta akan didiskualifikasi. Nilai batas lulus untuk tes renang adalah 41.

Tes Antropometri

Tes antropometri adalah tes pada fisik peserta, mulai dari bentuk tubuh hingga cara bicara. Hal-hal yang diuji meliputi tinggi dan berat badan, rasio indeks tubuh, kelainan bentuk tubuh, suara dan cara berbicara, serta cara berjalan.

Persiapan Tes Jasmani

Untuk mengikuti tes jasmani dengan baik, calon anggota Polri perlu mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Melakukan latihan secara teratur dan konsisten agar kondisi jasmani semakin baik.
  2. Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta menghindari makanan yang tidak sehat.
  3. Istirahat yang cukup dan teratur agar tubuh tidak mudah lelah saat mengikuti tes jasmani.
  4. Menghindari rokok dan minuman beralkohol karena dapat mempengaruhi kondisi jasmani.
  5. Mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan aturan yang berlaku saat mengikuti tes jasmani.

Tes jasmani merupakan salah satu tahapan penting dalam seleksi penerimaan calon anggota Polri. Tes ini terdiri dari tes kesamaptaan jasmani A dan B, tes renang, dan tes antropometri. Untuk mengikuti tes jasmani, calon anggota Polri perlu mempersiapkan diri dengan baik dengan melakukan latihan secara teratur, menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, menghindari rokok dan minuman beralkohol, serta mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Semoga artikel ini bermanfaat bagi calon anggota Polri yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes jasmani.