Ketahui Apa Saja Yang Akan di Ujikan Dalam Uji Jasmani Seleksi Penerimaan POLRI 2023

Pendaftaran calon anggota baru Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) telah resmi dibuka pada 4 – 17 April 2023. Jika Anda berencana untuk mendaftar tahun depan, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos seleksi. Salah satu tahapan seleksi yang harus Anda lewati adalah uji jasmani/fisik.

Tahapan Seleksi Penerimaan POLRI 2023

Sebelum mempersiapkan diri untuk menghadapi uji jasmani/fisik, Anda harus memahami tahapan seleksi penerimaan POLRI 2023. Berikut adalah tahapannya:

  1. Pendaftaran online: Anda harus mendaftar secara online melalui situs resmi penerimaan POLRI.
  2. Pakta integritas: Setelah mendaftar online, Anda harus menandatangani pakta integritas.
  3. Rikmin awal: Seleksi pertama yang harus Anda lewati adalah rikmin awal.
  4. Rikkes tahap 1: Tahapan selanjutnya adalah rikkes tahap 1.
  5. CAT Psikologi 1: Seleksi psikologi adalah tahapan yang sangat penting dalam penerimaan POLRI. Anda harus lulus seleksi ini jika ingin melanjutkan ke tahapan selanjutnya.
  6. CAT Akademik dan TKK: Setelah lulus seleksi psikologi, Anda harus mengikuti tes akademik dan TKK.
  7. Rikkes tahap 2: Tahapan selanjutnya adalah rikkes tahap 2.
  8. Uji jasmani: Setelah tahapan rikkes tahap 2, Anda akan menghadapi uji jasmani.
  9. PMK dan PSI 2: Setelah lulus uji jasmani, Anda akan mengikuti PMK dan PSI 2.
  10. Sidang akhir PANDA: Tahapan terakhir adalah sidang akhir PANDA.

Uji Jasmani/Fisik Seleksi Penerimaan POLRI 2023

Uji jasmani/fisik adalah salah satu tahapan seleksi yang harus Anda lewati jika ingin menjadi anggota POLRI. Dikutip dari akun media sosial resmi milik Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) POLRI di @ssdm_polri, terdapat enam jenis uji jasmani/fisik yang harus Anda lewati. Berikut adalah rincian dari masing-masing jenis uji jasmani/fisik:

  1. Lari 12 Menit

Anda harus berlari selama 12 menit dan mencapai nilai maksimal agar bisa lolos seleksi. Nilai maksimal untuk pria adalah 3444 meter, sedangkan untuk wanita adalah 3095 meter.

  1. Pull Up atau Chinning

Anda harus melakukan pull up atau chinning selama 1 menit dan mencapai nilai maksimal agar bisa lolos seleksi. Nilai maksimal untuk pria adalah 17 kali pull up, sedangkan untuk wanita adalah 72 kali chinning.

  1. Push Up 1 Menit

Anda harus melakukan push up selama 1 menit dan mencapai nilai maksimal agar bisa lolos seleksi. Nilai maksimal untuk pria adalah 43 kali, sedangkan untuk wanita adalah 37 kali.

  1. Sit Up 1 Menit

Anda harus melakukan sit up selama 1 menit dan mencapai nilai maksimal agar bisa lolos seleksi. Nilai maksimal untuk pria adalah 40 kali, sedangkan untuk wanita adalah 50 kali.

  1. Shuttle Run

Anda harus melakukan shuttle run dan mencapai nilai maksimal agar bisa lolos seleksi. Nilai maksimal untuk pria adalah 16,2 detik, sedangkan untuk wanita adalah 17,6 detik.

  1. Renang

Anda harus berenang jarak 25 meter dan mencapai nilai maksimal agar bisa lolos seleksi. Nilai maksimal untuk pria adalah 14 detik mencapai finish, sedangkan untuk wanita adalah 20 detik mencapai finish.

Persiapan Uji Jasmani/Fisik Seleksi Penerimaan POLRI 2023

Agar bisa lolos seleksi uji jasmani/fisik, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri:

  1. Latihan teratur: Anda harusmelakukan latihan secara teratur untuk meningkatkan kemampuan fisik Anda. Anda bisa melakukan latihan lari, push up, sit up, pull up, shuttle run, dan renang untuk mempersiapkan diri.
  2. Makan makanan sehat: Konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran fisik Anda.
  3. Istirahat yang cukup: Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan tubuh setelah melakukan latihan fisik. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam agar tubuh Anda siap untuk menghadapi ujian fisik.
  4. Konsultasikan dengan ahli kebugaran: Jika Anda kesulitan dalam mempersiapkan diri, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli kebugaran untuk mendapatkan saran dan panduan yang lebih spesifik.
  5. Tingkatkan motivasi diri: Persiapkan diri Anda dengan baik dan tingkatkan motivasi diri agar lebih percaya diri dalam menghadapi ujian fisik.

Uji jasmani/fisik adalah salah satu tahapan seleksi penting dalam penerimaan calon anggota POLRI. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos seleksi ini. Lakukan latihan teratur, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, konsultasikan dengan ahli kebugaran, dan tingkatkan motivasi diri untuk meningkatkan kemampuan fisik Anda. Jangan lupa untuk memahami tahapan seleksi penerimaan POLRI 2023 agar bisa mempersiapkan diri dengan baik. Semoga berhasil dan sukses menjadi anggota POLRI yang baik dan profesional!