Penerimaan Polri Bakomsus Tenaga Kesehatan: Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran

Artikel ini membahas persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi untuk bergabung menjadi anggota Polri Bakomsus Tenaga Kesehatan, serta tata cara pendaftaran online melalui website resmi penerimaan.polri.go.id. Jangan lewatkan informasi penting ini bagi Anda yang berminat menjadi bagian dari Polri Bakomsus Tenaga Kesehatan.

Pemerintah Indonesia melalui Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuka kesempatan bagi para lulusan keperawatan, perawat gigi, kebidanan, analis kesehatan, dan bidang kesehatan lainnya untuk bergabung menjadi anggota Polri dengan status Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan. Bagi Anda yang berminat, berikut adalah persyaratan umum dan tata cara pendaftaran untuk menjadi anggota Polri Bakomsus Tenaga Kesehatan.

Persyaratan Umum

Untuk menjadi anggota Polri Bakomsus Tenaga Kesehatan, Anda harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Warga Negara Indonesia
    Anda harus memiliki kewarganegaraan Indonesia yang sah.
  2. Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    Anda harus memiliki keyakinan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
    Anda harus setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Pendidikan Paling Rendah SMU/Sederajat
    Anda harus memiliki pendidikan paling rendah SMU/sederajat.
  5. Berumur Paling Rendah 18 Tahun (Pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
    Anda harus berumur paling rendah 18 tahun pada saat dilantik menjadi anggota Polri.
  6. Sehat Jasmani dan Rohani
    Anda harus sehat secara jasmani dan rohani.
  7. Tidak Pernah Dipidana karena Melakukan Suatu Kejahatan (Dibuktikan dengan SKCK dari Polres Setempat)
    Anda tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan dan harus membuktikannya dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.
  8. Berwibawa, Jujur, Adil, dan Berkelakuan Tidak Tercela
    Anda harus berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan

Selain persyaratan umum, ada juga persyaratan khusus untuk menjadi Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan, antara lain:

  1. Berijazah Minimal D-III dengan IPK Minimal 3,00 dan Prodi Terakreditasi
    Anda harus berijazah minimal D-III dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dan Program Studi (Prodi) yang terakreditasi pada bidang-bidang seperti keperawatan, perawat gigi, kebidanan, anastesi, gizi, fisioterapi, teknik gigi, elektromedik, kesehatan lingkungan, radiologi, dan analis kesehatan, serta farmasi.
  2. Tinggi Badan Minimal (dengan Berat Badan Seimbang Menurut Ketentuan yang Berlaku) untuk Pria 159 cm dan Wanita 155 cm
    Anda harus memiliki tinggi badan minimal dengan berat badan yang seimbang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu untuk pria sebesar 159 cm dan wanita sebesar 155 cm.

Tata Cara Pendaftaran Online

Setelah memenuhi persyaratan umum dan khusus, Anda dapat mendaftar secara online melalui website penerimaan.polri.go.id dengan mengikuti tata cara berikut:

  1. Buka website penerimaan.polri.go.id
    Pendaftar membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website penerimaan.polri.go.id.
  2. Pilih Jenis Seleksi Terpadu Bintara Polri pada Halaman Utama Website
    Pendaftar memilih jenis seleksi Terpadu Bintara Polri pada halaman utama website. Apabila peserta mengalami kesulitan, dapat dibantu oleh panitia daerah.
  3. Isi Form Registrasi yang Berkaitan dengan Identitas PendaftarPendaftar mengisi form registrasi yang berkaitan dengan identitas pendaftar, memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang telah terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), identitas orang tua, dan keterangan lain sesuai format dalam website.
  4. Berikan Data yang Benar dan Akurat pada Form Registrasi Online
    Pendaftar wajib memberikan data yang benar dan akurat pada form registrasi online dan mengecek dengan teliti data yang dimasukkan dalam form registrasi.
  5. Dapatkan Nomor Registrasi Online beserta Username dan Password
    Setelah berhasil mengisi form registrasi online, selanjutnya pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password, yang selanjutnya digunakan untuk melakukan login menuju halaman dashboard pendaftar. Halaman dashboard pendaftar berisi fitur untuk mengecek informasi perkembangan tahapan seleksi dan nilai seluruh tahapan seleksi yang diikuti oleh pendaftar, serta upload berkas pendaftaran yang disediakan.
  6. Cetak Form Registrasi Online untuk Verifikasi di Polres
    Pendaftar akan mendapat cetak form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Kepolisian Resort (Polres).
  7. Batas Waktu Verifikasi Data Pendaftar
    Batas waktu verifikasi data pendaftar terhitung selama pendaftaran online berlangsung sesuai jadwal pendaftaran dan tidak ada toleransi perpanjangan.

Pendaftaran dan seleksi dilaksanakan di masing-masing Polda dan untuk uji kompetensi diselenggarakan oleh Panpus (melalui video conference) dan atau Panda dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan mengikuti tata cara pendaftaran dengan benar agar bisa bergabung menjadi anggota Polri Bakomsus Tenaga Kesehatan. Semoga sukses!