Mengenal Bintara TI, Divisi TI Polri dan Tugasnya

Artikel ini menjelaskan tentang Bintara TI, anggota Polri yang bekerja di Divisi Teknologi Informasi dan memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membangun, mengembangkan, dan memelihara jaringan telekomunikasi elektronika dan data, serta menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pengembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi elektronika, serta informasi manajerial. Artikel ini juga menjelaskan tanggung jawab Bintara TI dalam menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan menjaga keamanan serta kerahasiaan data dan informasi yang diperoleh.

Anda pasti sering mendengar istilah Bintara TI. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya Bintara TI itu? Bintara TI adalah bagian dari Divisi Teknologi Informasi Kepolisian (Div TI Pol), organisasi dalam Kepolisian RI yang secara khusus menangani masalah teknologi informasi. Di dalam Divisi TI Polri terdapat beberapa sub-divisi, di antaranya Sub-Divisi Komunikasi dan Elektronika (Subdivtekkom) serta Sub-Divisi Teknologi Informasi (Subdivtekinfo).

Bintara Polri terdiri dari lima kategori, yaitu Bintara PTU, Bintara TI, Bakomsus Perawat, Bakomsus Bidan, dan Bakomsus Pramugari. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar Bintara TI, artikel ini akan memberikan penjelasan tentang Bintara TI beserta tugas dan tanggung jawabnya.

Pengertian Bintara TI

Bintara TI adalah seorang anggota polisi yang bekerja di Divisi TI Polri. Divisi ini memiliki tugas untuk menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pengembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi elektronika, serta informasi manajerial, termasuk jaringan telekomunikasi di lingkungan Polri. Cakupan tugasnya meliputi sentralisasi pengumpulan dan pengolahan data, analisa dan evaluasi, penyajian informasi, termasuk pelayanan multi media, sebagai pusat informasi kriminal.

Tugas Bintara TI

Sebagai anggota Divisi TI Polri, Bintara TI memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup beragam. Beberapa tugas Bintara TI antara lain:

  1. Membangun, mengembangkan, dan memelihara jaringan telekomunikasi elektronika dan data.
  2. Melakukan analisis data dan memberikan informasi manajerial yang dibutuhkan oleh pimpinan Polri.
  3. Menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pengembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi elektronika, serta informasi manajerial.
  4. Menyajikan informasi termasuk pelayanan multimedia sebagai pusat informasi kriminal.
  5. Melakukan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data serta dokumentasi.
  6. Melakukan operasional hardware dan software termasuk pengembangan atau pelayanan multimedia.
  7. Melakukan pembinaan dan pengembangan staf di bidang teknologi informasi.

Tanggung Jawab Bintara TI

Selain tugas-tugas yang telah disebutkan di atas, Bintara TI juga memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Beberapa tanggung jawab Bintara TI antara lain:

  1. Melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan aturan yang berlaku di Kepolisian RI.
  2. Menjaga keamanan dan kerahasiaan data dan informasi yang diperoleh dalam menjalankan tugasnya.
  3. Mematuhi kode etik profesi Polri dan memperlihatkan sikap yang baik dan santun dalam bertugas.
  4. Menjaga kekompakan dan soliditas di antara anggota Divisi TI Polri.
  5. Memahami dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi terkini agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Bintara TI adalah anggota Divisi Teknologi Informasi Kepolisian (Div TI Pol) yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pengembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi elektronika, serta informasi manajerial, termasuk jaringan telekomunikasi di lingkungan Polri. Bintara TI melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan menjaga keamanan serta kerahasiaan data dan informasi yang diperoleh dalam menjalankan tugasnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Bintara TI, Divisi TI Polri dan tugas-tugasnya.