Pemeriksaan Kesehatan Rikkes 2 Polri: Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Pelajari informasi penting mengenai Pemeriksaan Kesehatan Rikkes 2 Polri, tahap kedua seleksi rekrutmen Polri. Simak serangkaian tes kesehatan dalam yang harus diikuti dan bagaimana cara mempersiapkan diri dengan baik.

Jika kalian berniat untuk bergabung dengan Polri, maka kalian harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi rekrutmen Polri. Salah satu tahapan yang harus diikuti adalah Pemeriksaan Kesehatan Rikkes 2, yang merupakan tahap kedua seleksi rekrutmen setelah Pemeriksaan Kesehatan tahap I. Pada tahap Rikkes II ini, kalian akan diuji dengan serangkaian tes kesehatan dalam, seperti tes darah, tes kejiwaan, rontgen, tes urin, dan tes EKG. Untuk itu, sangat penting bagi kalian untuk mengetahui informasi penting mengenai Pemeriksaan Kesehatan Rikkes 2 Polri dan bagaimana cara mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapinya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pemeriksaan Kesehatan Rikkes 2 Polri dilaksanakan sebagai tahap kedua dari seleksi rekrutmen Polri setelah Pemeriksaan Kesehatan tahap I (Rikkes I). Pada tahap Rikkes II ini, kalian akan menjalani serangkaian tes kesehatan dalam, seperti tes darah, tes kejiwaan, rontgen, tes urin, dan tes EKG.

Meskipun dilaksanakan di paruh akhir rekrutmen, namun kalian tetap harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Pemeriksaan Kesehatan Rikkes 2. Sebab, hasil dari tes kesehatan ini akan menentukan apakah kalian lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.

Sistem penilaian pada Pemeriksaan Kesehatan tahap II (Rikkes II) menggunakan sistem gugur, dengan hasil penilaian berupa status MS (Memenuhi Syarat) dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat). MS untuk peserta yang lolos ke tahap berikutnya, dan TMS untuk peserta yang gugur.

Untuk itu, sangat penting bagi kalian untuk menjaga kesehatan dan kesamaptaan tubuh sejak awal. Sebelum mengikuti rekrutmen, kalian bisa melakukan medical check up di RS Bhayangkara terdekat dengan standar Rikkes Polri. Tujuannya agar kalian bisa mengetahui lebih dini apabila terdapat masalah kesehatan yang harus diperbaiki.

Alamat RS Bhayangkara di setiap daerah dapat ditemukan dengan mudah di Google. Misalnya, kalian bisa mencari RS Bhayangkara Yogyakarta yang terletak di Jl. Raya Solo-Yogyakarta KM.14, Glondong, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY.

Selain menjaga kesehatan, kalian juga harus mempersiapkan diri dengan baik pada tahapan tes yang lain, terutama tes psikologi dan akademik. Dengan memaksimalkan persiapan pada setiap tahapan tes, kalian akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos seleksi rekrutmen Polri.

Demikian informasi penting mengenai Pemeriksaan Kesehatan Rikkes 2 Polri yang perlu kalian ketahui. Sebagai calon anggota Polri, menjaga kesehatan dan kesamaptaan tubuh sangatlah penting, tidak hanya untuk menghadapi seleksi rekrutmen, namun juga untuk menjalankan tugas sebagai anggota Polri nantinya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menjaga kesehatan secara optimal. Semoga informasi ini bermanfaat dan berhasil membantu kalian dalam menghadapi seleksi rekrutmen Polri.