Mengenal Aspek Penilaian Rikkes 1 Polri

Artikel ini menjelaskan pentingnya tahapan Rikkes 1 atau pemeriksaan kesehatan tahap 1 dalam seleksi calon anggota Polri. Tes ini akan memeriksa kondisi fisik tubuh secara menyeluruh dan hasilnya akan dinilai secara kualitatif. Artikel ini juga menjelaskan kategori nilai dan status kesehatan calon anggota Polri yang harus dipenuhi untuk dinyatakan memenuhi syarat. Penting untuk menjaga kesehatan dengan baik agar dapat melewati setiap tahapan seleksi Polri dengan lancar.

Ketika kamu ingin bergabung dengan Polri, kamu harus melewati serangkaian tes seleksi yang cukup ketat. Salah satu tahapan penting yang harus kamu lewati adalah Rikkes 1 atau pemeriksaan kesehatan tahap 1. Tahapan ini dilakukan pada awal seleksi dan menjadi salah satu tahapan yang cukup menentukan untuk kelulusanmu.

Mengapa Rikkes 1 penting? Karena tes ini akan memeriksa kondisi fisik tubuhmu secara kasat mata dan akan menguji seberapa sehatmu. Sayangnya, masih banyak yang gagal pada tahapan ini karena tidak menjaga kondisi kesehatan dengan baik.

Apa saja yang diperiksa pada tahapan Rikkes 1? Tes ini akan meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan buta warna, visus mata, tensi, nadi, THT, pemeriksaan gigi serta pemeriksaan fisik seperti postur tubuh dan komposisi tubuh. Tes-tes ini dilakukan untuk memeriksa aspek kesehatan fisik tubuh bagian luar secara menyeluruh.

Hasil dari tes Rikkes 1 akan dinilai secara kualitatif dan diberikan status MS (Memenuhi Syarat) atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Hanya kalian yang mendapatkan status MS yang dapat melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

Penentuan hasil Rikkes 1 didasarkan pada akumulasi nilai dari seluruh aspek kesehatan yang diperiksa menggunakan tingkatan Stakes. Status Kesehatan atau Stakes adalah suatu tingkatan kondisi kesehatan calon anggota Polri yang menggambarkan keadaan kesehatan pada saat dilakukan Rikkes.

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2016 tentang RIKKES, kalian dinyatakan MS (Memenuhi Syarat) apabila mendapatkan kategori nilai Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K1) dengan rentang total nilai 55-80. Namun, jika kalian mendapat kategori nilai Kurang Sekali (K2) dengan jumlah nilai 50 atau terdapat 4 atau lebih aspek kelainan dengan nilai Stakes 3, atau jika terdapat 1 atau lebih aspek kelainan dengan nilai Stakes 4, maka akan dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Jangan lupa bahwa tes Rikkes 1 hanya tahap awal dalam proses seleksi Polri. Masih ada tahapan-tahapan seleksi lainnya yang harus kamu lewati. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kesehatanmu dengan baik agar dapat melewati setiap tahapan seleksi dengan lancar.

Dalam proses seleksi calon anggota Polri, tahapan Rikkes 1 atau pemeriksaan kesehatan tahap 1 sangatlah penting. Hasil dari tes ini akan menjadi penentu kelulusanmu ke tahap seleksi berikutnya. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kondisi kesehatan dengan baik agar dapat melewati tahapan ini dengan lancar. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan oleh panitia seleksi Polri. Semoga berhasil dan sukses untukmu dalam proses seleksi calon anggota Polri.