Alur Ujian Penerimaan Bintara Polri 2023 Dan Sistem Penilaiannya

Artikel ini akan menjelaskan alur ujian penerimaan Bintara Polri 2023 dan tahapan yang harus dilalui oleh para pendaftar, serta sistem penilaian yang digunakan. Artikel ini dapat membantu para pendaftar untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan oleh panitia penerimaan.

Penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2023 dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) telah dibuka dan berakhir pada tanggal 14 April 2023. Terdapat 11.531 kuota yang disediakan untuk para pendaftar, yang akan dibagi menjadi empat formasi. Keempat formasi tersebut adalah Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan Bakomsus Pria sebanyak 10.529 orang, Bintara PTU dan Bakomsus Wanita sebanyak 402 orang, Bintara Brimob sebanyak 500 orang, dan Bintara Polair sebanyak 100 orang.

Bagi para pendaftar yang lulus setelah melewati serangkaian tes penerimaan, mereka akan melakukan pendidikan selama 5 bulan. Namun, sebelum itu, mari kita simak dulu berbagai alur ujian penerimaan Bintara Polri selengkapnya yang dirangkum melalui Pengumuman Penerimaan Bintara Polri 2023.

ALUR UJIAN PENERIMAAN BINTARA POLRI 2023

Untuk Bintara PTU, Brimob dan Polair, berikut adalah alur ujian yang harus dilalui:

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal dengan Penelitian secara Kualitatif
    Pada tahap ini, para pendaftar akan diperiksa administrasi awal seperti kelengkapan berkas dan kelayakan untuk mengikuti tes. Selain itu, akan dilakukan penelitian secara kualitatif untuk mengevaluasi karakter dan kepribadian para pendaftar.
  2. Pemeriksaan Kesehatan Tahap I
    Tahap kedua adalah pemeriksaan kesehatan tahap I, yang meliputi pemeriksaan fisik, laboratorium, dan juga ronsen. Pendaftar yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau tidak memenuhi persyaratan kesehatan akan dinyatakan gagal.
  3. Tes Psikologi Tahap I Menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan Penilaian Secara Kuantitatif dan Kualitatif
    Tahap ketiga adalah tes psikologi tahap I, yang dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes ini bertujuan untuk mengukur kepribadian, karakter, dan kemampuan intelektual para pendaftar. Penilaian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
  4. Tes Akademik Menggunakan Sistem CAT yang Meliputi Materi:
  • Pengetahuan Umum (PU), termasuk Undang-Undang Kepolisian.
  • Wawasan Kebangsaan (WK), meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara, dan Kewarganegaraan.

Pendaftar harus mengikuti tes akademik menggunakan sistem CAT di lokasi tes yang telah ditentukan. Materi yang diujikan meliputi pengetahuan umum dan wawasan kebangsaan, serta undang-undang kepolisian. Setiap formasi memiliki tempat tes yang berbeda-beda, seperti SPN Polda untuk Bintara PTU, Bakomsus, dan Bintara Rekpro pria, Pusdik Brimob untuk Bintara Brimob, Pusdik Polair untuk Bintara Polair, dan Sepolwan untuk Bintara PTU, Bakomsus, dan Bintara Rekpro wanita.

Itulah alur ujian penerimaan Bintara Polri 2023. Semoga informasi di atas dapat membantu para pendaftar dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti tes penerimaan Bintara Polri tahun 2023. Ingatlah untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan oleh Panitia Penerimaan Bintara Polri. Sukses untuk semua pendaftar!