Mengenal Tes Psikologi Pertama dalam Seleksi TNI Polri

Artikel ini membahas tentang pentingnya tes psikologi pertama pada seleksi TNI dan Polri. Tes ini dianggap sebagai tes terpenting yang dapat menentukan nasib para peserta dalam seleksi, karena paling banyak menggugurkan peserta dibandingkan tes lainnya. Artikel ini juga menjelaskan jenis-jenis tes psikologi yang dilakukan pada tahapan seleksi TNI dan Polri, serta tips untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes psikologi.

Tes psikologi pertama pada seleksi TNI dan Polri bukanlah tes yang bisa diabaikan begitu saja. Sebaliknya, tes ini dianggap sebagai tes terpenting yang dapat menentukan nasib para peserta dalam seleksi, karena paling banyak menggugurkan peserta dibandingkan tes lainnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara rinci mengenai tes psikologi pertama yang perlu diketahui oleh calon peserta seleksi.

Tes Psikologi Pertama

Tes psikologi pertama dilakukan setelah para peserta melalui tes kesehatan awal. Setelah lulus dari tes kesehatan, para peserta akan langsung menghadapi tes psikologi pertama. Tes ini terdiri dari beberapa macam tes, antara lain:

  1. Soal Gambar Psikologi

Tes ini dilakukan dengan metode soal bergambar, dengan metode jawaban pilihan ganda. Peserta akan diberikan banyak sekali gambar yang harus dijawab, dimana cara menjawabnya pun bervariasi, seperti melihat perbedaan gambar, persamaan gambar, pemisahan gambar, penggabungan gambar, dan lain sebagainya. Tes ini dianggap sebagai tes pembuka, sehingga sebaiknya peserta tidak terlalu menghabiskan fokus konsentrasinya di sini, karena nantinya akan ada beberapa tes yang lebih menantang di akhir seleksi.

  1. Gambar Orang

Tes gambar orang juga dilaksanakan pada tes psikologi pertama. Dalam tes ini, peserta hanya diperintahkan untuk menggambar orang yang sedang beraktivitas, misalnya jogging, menyapu, dan lainnya. Durasi waktu yang diberikan pun cukup singkat, kira-kira kurang dari 10 menit, sehingga peserta harus menggambar dengan cepat dan rapi. Seluruh tubuh gambar orang tersebut harus terlihat, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dan usahakan gambarnya realistis dengan situasi yang diberikan, seperti pakaian yang sesuai dengan kegiatan yang digambarkan.

  1. Gambar Pohon

Setelah gambar orang, peserta akan dilanjutkan dengan gambar pohon. Tes gambar pohon ini masih termasuk dalam tes psikologi pertama. Instruksi yang diberikan hampir sama dengan tes gambar orang, namun peserta harus menggambar pohon dengan benar, termasuk jenis pohon yang diperbolehkan dan cara menggambar daun yang benar.

Tes psikologi pertama ini sangat penting, karena dapat menggugurkan peserta yang tidak memenuhi kriteria psikologis yang dibutuhkan oleh TNI dan Polri. Peserta yang lolos tes psikologi pertama, akan melanjutkan tahapan seleksi berikutnya. Oleh karena itu, para calon peserta seleksi harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes psikologi pertama.

Selain tes psikologi pertama, tes psikologi kedua juga termasuk dalam tahapan seleksi TNI dan Polri. Tes psikologi kedua dilaksanakan setelah peserta lolos dari tes psikologi pertama. Tes psikologi kedua ini terdiri dari beberapa jenis tes, dari tes koran hingga tes roda gila. Untuk informasi Lebih lengkap mengenai tes psikologi keuda, kalian bisa mengunjungi halaman berikut ini KLIK DISINI. Tes ini memiliki peran penting dalam menentukan kemampuan peserta dalam menghadapi tantangan di lapangan yang nantinya akan dihadapi oleh anggota TNI dan Polri.

Tes psikologi pertama dan kedua pada seleksi TNI dan Polri memegang peran penting dalam menyeleksi calon anggota yang memiliki kemampuan psikologis yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota TNI dan Polri. Oleh karena itu, para calon peserta seleksi harus mempersiapkan diri dengan baik, mengikuti prosedur tes dengan baik, dan menjawab setiap pertanyaan dengan jujur dan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para calon peserta seleksi TNI dan Polri.