Tips Ampuh Untuk Lulus Tes Kesehatan Mata Seleksi TNI AD

Artikel ini memberikan tips jitu agar kamu dapat lulus tes kesehatan mata untuk seleksi TNI AD. Dalam artikel ini kamu akan menemukan informasi tentang jenis-jenis tes kesehatan mata, tips untuk lulus tes buta warna dan tes mata minus, serta cara menjaga kesehatan mata. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh hasil yang optimal pada tes kesehatan mata dan berhasil lulus seleksi TNI AD dengan membaca artikel ini.

Tes kesehatan adalah salah satu tahap seleksi bagi calon TNI. Ada dua tahap tes kesehatan yang harus dilalui, yaitu kesehatan pertama dan kedua. Kesehatan pertama meliputi pemeriksaan kesehatan luar, termasuk kesehatan mata, THT, gigi, anus, wasir, ambeien, varikokel, bentuk kaki, dan telapak kaki. Sedangkan tes kesehatan kedua meliputi tes urine, tes darah, dan rontgen.

Tes kesehatan mata merupakan salah satu tes yang harus dilalui oleh setiap kelompok calon siswa. Di dalam ruangan khusus tes mata, beberapa perawat dan dokter mata TNI akan menilai setiap calon siswa satu per satu. Tes kesehatan mata terdiri dari dua jenis tes, yaitu tes buta warna dan tes minus mata.

Berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa lulus tes kesehatan mata bintara TNI AD:

Tes Buta Warna
Tes buta warna adalah kelainan mata yang disebabkan oleh ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor keturunan. Akibatnya, mata tidak dapat melihat angka dalam kumpulan warna-warna yang samar atau pudar.

Kamu akan diarahkan untuk melihat sekumpulan warna di mana terdapat angka nomor tertentu, kadang juga bentuk hewan atau wajah tertentu. Kamu hanya diberikan kesempatan sekali untuk menebak nomor atau binatang apa yang kamu lihat secara cepat.

Untuk mengetahui apakah mata kamu normal atau buta warna, kamu bisa berlatih dengan menggunakan buku buta warna atau aplikasi tes buta warna online yang bisa diunduh di play store atau App store. Namun, sebaiknya kamu pergi ke dokter mata agar hasilnya lebih akurat dan akan diberikan resep jika mata kamu tidak sehat.

Tes Mata Minus
Kelainan mata yang lain adalah mata minus atau rabun jauh, di mana kamu tidak dapat melihat suatu objek dengan jelas jika jarak terlalu jauh. Biasanya, orang yang memiliki mata minus memerlukan alat bantu kaca mata untuk dapat melihat jelas.

Saat tes minus mata, kamu akan diuji dengan jarak kurang lebih 5 meter. Kamu akan berdiri menghadap tembok dengan salah satu mata ditutup menggunakan telapak tangan atau alat khusus secara bergantian. Kemudian, kamu akan diarahkan untuk melihat huruf dengan beberapa tingkat kesulitan, mulai dari yang tersulit (huruf kecil) sampai pada yang termudah (huruf besar).

Agar kamu bisa lulus tes kesehatan mata minus TNI AD, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut:

  1. Berlatih dirumah setiap hari dengan meminta bantuan teman atau keluarga untuk mengarahkan huruf di depanmu seperti gambar.
  2. Cobalah untuk memfokuskan mata pada suatu objek tulisan atau angka yang jauh setiap saat, bahkan saat sedang di jalan. Ulangi proses ini beberapa kali dan istirahat.
  3. Lakukan check-up minimal 3-6 bulan sebelum tes seleksi TNI dimulai, sehingga kamu dapat mengobati kelainan mata jika ada.

Dengan menjaga kesehatan mata dan melakukan latihan secara rutin, kamu dapat memperoleh hasil yang optimal pada tes kesehatan mata dan berhasil lulus seleksi TNI AD. Semangat!