Siapkan Diri dengan 5 Persiapan Dasar untuk Mewujudkan Impian Menjadi Calon Siswa Polri

Artikel ini membahas tentang persyaratan dan persiapan dasar yang harus dilakukan sebelum mendaftar sebagai Calon Siswa Polri (Casis). Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui jenis-jenis sekolah kepolisian, persiapan administrasi, tes kesehatan, latihan tes psikologi dan jasmani, serta persiapan tes akademik yang harus dipenuhi sebagai syarat menjadi Casis Polri. Dengan membaca artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi yang berguna untuk mempersiapkan diri menjadi anggota Polri di masa depan.

Menjadi Calon Siswa Polri (Casis) adalah impian banyak orang. Namun, untuk mewujudkannya, kita harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas persyaratan dan persiapan dasar yang harus dilakukan sebelum mendaftar sebagai Casis Polri.

Memahami Jenis Sekolah Kepolisian
Sebelum mendaftar seleksi profesi polisi, penting untuk mengetahui bahwa terdapat 4 jenis sekolah kepolisian untuk menjadi bagian dari Kepolisian Republik Indonesia. Yang pertama yaitu Akademi Kepolisian (akpol) yang memiliki masa pendidikan selama kurang lebih 4 tahun. Kedua, Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) yang menawarkan kesempatan untuk berkarir di dunia kepolisian bagi para lulusan S1 atau S2 dan sederajat. Jenis pendidikan yang ketiga adalah Tamtama, yang lulusannya akan menjadi bagian dari anggota satuan Brimob (Brigade Mobil) yang bersifat semi-militer. Terakhir, ada sekolah Bintara yang melahirkan para Brigadir polisi dua yang secara umum menjadi pelaksana tugas kepolisian dan pemelihara ketertiban masyarakat.

Melakukan Persiapan Administrasi
Sebelum mendaftar sebagai Casis Polri, pastikan kamu sudah mempersiapkan kelengkapan administrasi utama seperti KTP, KK, legalisir ijazah, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), sertifikat kelahiran, surat pernyataan, dan data diri penting lainnya.

Mempersiapkan Diri untuk Tes Kesehatan
Persyaratan penting untuk menjadi Casis Polri adalah menjalani tes kesehatan yang ketat. Pastikan kondisi kesehatan kamu baik sebelum mendaftar dengan memeriksakan diri di rumah sakit terdekat. Tes kesehatan di Polri akan dilakukan secara menyeluruh dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama berupa pemeriksaan fisik luar seperti THT, bentuk kaki, ambeien, kondisi mata, dan sejenisnya. Sedangkan tahap kedua menekankan pada kesehatan organ dalam, seperti cek darah, torak, jantung, urine, dan lain-lain.

Melakukan Latihan Tes Psikologi
Casis adalah istilah calon siswa institut kepolisian yang diharapkan untuk memiliki pemahaman dan pemikiran yang baik. Selain kesehatan fisik, para casis pun harus menjalani tes psikologi. Lakukan persiapan dan latihan jauh-jauh hari dengan mengerjakan latihan tes psikologi dari beberapa buku.

Melakukan Latihan Jasmani
Selain beberapa persiapan di atas, kondisi fisik para casis pun harus kuat dan bugar. Pada masa pelatihan, siswa diminta untuk melakukan gerakan seperti berlari mengelilingi lapangan dalam waktu 12 menit, Push Up, Sit Up, Pull Up, Chinning Up (khusus untuk perempuan), lari cepat, lari angka 8, dan berenang sejauh 25 Meter. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan rajin berolahraga dan melakukan gerakan-gerakan di atas secara rutin.

Melakukan Persiapan Tes Akademik
Terdapat 3 Tes yang akan dijalani oleh casis Polri yaitu tes Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum. Tes semacam ini tentu tidak asing, jadi persiapkan saja diri dengan matang jauh-jauh hari.

Para casis adalah calon anggota Polri di masa depan yang akan mengemban tugas negara nantinya. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan sungguh-sungguh dan pastikan kamu memenuhi semua persyaratan dan persiapan dasar yang telah dijelaskan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan keinginanmu untuk menjadi anggota Polri dapat terwujud.