Pertanyaan Wawancara Psikologi II dalam Seleksi Polri: Persiapan Yang Perlu Dilakukan

Pada tahap seleksi Polri, calon siswa harus melewati tahap wawancara psikologi II. Tahap ini sangat penting untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan psikologi tahap I dan mengetahui lebih dalam karakter, potensi, dan kepribadian calon siswa. Artikel ini akan membahas contoh pertanyaan dalam wawancara psikologi II Polri dan persiapan yang perlu dilakukan agar calon siswa bisa memberikan jawaban yang baik dan memuaskan.

Seleksi calon siswa Polri tidak hanya melihat kemampuan fisik dan akademik, tapi juga melalui pemeriksaan psikologi. Pemeriksaan psikologi dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap I dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap II dengan wawancara. Tahap wawancara psikologi II merupakan tahap penting untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan tahap I dan menggali lebih dalam karakter serta kepribadian calon siswa. Dalam artikel ini, kami akan membahas contoh pertanyaan dalam wawancara psikologi II Polri serta persiapan yang perlu dilakukan agar calon siswa bisa memberikan jawaban yang baik dan memuaskan.

Berikut beberapa contoh pertanyaan yang sering diajukan dalam Tes Wawancara Psikologi II Polri:

  1. Apa yang membuat Anda ingin menjadi seorang polisi?
  2. Sebutkan 3 kelebihan dan 3 kekurangan yang Anda miliki!
  3. Ceritakan aktivitas sehari-hari Anda!
  4. Menurut pandangan Anda, bagaimanakah sosok polisi yang patut menjadi teladan?
  5. Apa yang akan Anda lakukan apabila Anda ditugaskan di tempat yang jauh dan terpelosok serta jauh dari keluarga?
  6. Persiapan apa saja yang telah Anda lakukan dalam rangkaian seleksi penerimaan POLRI?
  7. Apakah Anda sudah memiliki gambaran jenjang karir yang akan Anda jalankan di kepolisian?
  8. Apa yang telah Anda persiapkan untuk mengikuti segala aktivitas pendidikan yang berat jika Anda dinyatakan lolos?
  9. Apabila Anda tidak lolos tahun ini, apa yang akan Anda lakukan?
  10. Seberapa yakin Anda lolos tahun ini?

Perlu diingat bahwa pertanyaan yang diajukan pada setiap calon siswa berbeda-beda. Tidak ada pertanyaan baku karena pewawancara akan mengajukan pertanyaan spontan berdasarkan hasil yang didapatkan dari Pemeriksaan Psikologi tahap I. Oleh karena itu, calon siswa harus bersiap mental dan berlatih menjawab pertanyaan dengan jelas, lugas, dan tidak berbelit-belit.

Agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik, calon siswa perlu melakukan banyak latihan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengikuti simulasi atau latihan wawancara psikologi dan PMK Polri lewat Kelas Intensif Persiapan Wawancara Psikologi II dan PMK. Dengan begitu, calon siswa akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tahap wawancara Psikologi II dalam seleksi Polri.

Dalam melakukan persiapan, calon siswa juga harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, belajar dan memahami lebih dalam tentang tugas dan tanggung jawab seorang polisi, dan berlatih mengontrol emosi dan sikap agar bisa memberikan jawaban yang baik dan positif.

Dalam menjawab pertanyaan, calon siswa juga harus menghindari jawaban yang bersifat negatif, seperti mengeluh, menyalahkan orang lain, atau tidak jujur dalam menjawab pertanyaan. Sebaliknya, calon siswa harus memberikan jawaban yang positif dan mencerminkan kepribadian yang baik.

Dengan melakukan persiapan yang matang dan berlatih secara teratur, calon siswa akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tahap wawancara Psikologi II dalam seleksi Polri. Selamat mencoba dan semoga sukses! Demikianlah informasi mengenai pertanyaan wawancara psikologi II dalam seleksi polri yang mungkin belum anda ketahui.