Mengenal Polisi Pemeriksa Sidik Jari dan Cara Kerjanya

Artikel ini membahas mengenai Inafis, salah satu tim penting dalam hal identifikasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Indonesia. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui fungsi, tugas, dan peran Inafis dalam penegakan hukum dan pelayanan masyarakat, serta cara kerja pemeriksaan sidik jari yang menjadi andalan Inafis dalam mengungkap kasus tindak pidana.

Dalam upaya pengungkapan kasus tindak pidana, tim kepolisian memainkan peran penting. Berbagai tim dibentuk dengan tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu tim yang memiliki peran penting dalam mengidentifikasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) adalah Inafis.

Inafis sendiri merupakan singkatan dari Indonesia Automatic Fingerprint Identification System. Tim ini menjadi pelaksana teknis dalam hal identifikasi yang bernaung dibawah Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Dengan mengusung teknologi sidik jari, Inafis dapat membantu proses penyidikan dan penegakan hukum dengan lebih akurat.

Inafis mempunyai fungsi dan tugas yang beragam, seperti melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti dan manusia menurut bidang atau bagian dalam rangka pembuktian secara ilmiah dalam proses penyidikan serta penegakan hukum, baik di tingkat pusat maupun wilayah. Selain itu, Inafis juga berfungsi dalam hal pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, material, fasilitas, serta pengembangan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam melaksanakan tugasnya, Inafis melakukan pemeriksaan sidik jari sebagai salah satu metode identifikasi yang paling akurat. Sidik jari tidak hanya dapat mengidentifikasi pelaku kejahatan, tetapi juga dapat membantu mengidentifikasi korban kejahatan atau bencana alam yang tidak memiliki identitas atau wajah yang tidak dapat dikenali.

Polisi Inafis hampir selalu dilibatkan dalam proses penyelidikan kejahatan untuk mengamankan sidik jari yang terdapat di TKP. Dalam hal peran, Inafis memiliki dua peran, yaitu peran dalam segi penegakan hukum dan peran dalam hal pelayanan masyarakat.

Dalam hal penegakan hukum, Inafis bertugas membantu penyidik dalam mengungkap kasus tindak pidana dengan cara mengumpulkan dan menganalisis bukti sidik jari. Sedangkan dalam hal pelayanan masyarakat, Inafis bertugas memberikan informasi dan edukasi tentang teknologi sidik jari kepada masyarakat.

Sebagai satuan kerja di bawah Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Inafis memiliki peran penting dalam menjamin akurasi dalam pemeriksaan barang bukti dan identifikasi seseorang melalui cara ilmiah pemeriksaan sidik jari. Oleh karena itu, Inafis tidak hanya menjadi salah satu tim terpenting dalam hal mengidentifikasi TKP, tetapi juga menjadi penunjang utama dalam upaya penegakan hukum di Indonesia.

Dengan teknologi sidik jari yang menjadi andalannya, Inafis telah membuktikan diri sebagai tim yang sangat berperan penting dalam mengungkap kasus tindak pidana di Indonesia. Melalui pemeriksaan sidik jari yang akurat, Inafis dapat membantu penyidik dalam mengumpulkan dan menganalisis bukti secara ilmiah, sehingga dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses penyidikan dan penegakan hukum. Diharapkan artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca mengenai Inafis dan cara kerjanya dalam mengidentifikasi TKP serta mengungkap kasus tindak pidana.