Apa itu Pantukhir pada Seleksi Polri: Tahapan Penting yang Wajib Diketahui

Artikel ini membahas mengenai apa itu Pantukhir pada seleksi Polri, tahapan penting yang harus diketahui oleh calon siswa Polri. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai pengertian Pantukhir, jenis-jenis Pantukhir, serta hal yang perlu diperhatikan saat menghadapi tahapan seleksi Polri. Bagi calon siswa Polri, artikel ini dapat menjadi panduan dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi Polri dan meraih nilai maksimal pada setiap tahapan tes.

Jika kamu adalah salah satu calon siswa Polri, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Pantukhir. Tahapan seleksi yang satu ini merupakan penentu kelulusan akhir seorang calon siswa Polri. Namun, apakah kamu sudah paham betul tentang apa itu Pantukhir pada seleksi Polri?

Berikut ini penjelasan lengkap tentang tahapan seleksi Polri yang satu ini.

Pengertian Pantukhir pada Seleksi Polri
Pantukhir adalah kepanjangan dari penilaian panitia penentu akhir. Tahapan seleksi yang satu ini disebut juga sebagai sidang penentu kelulusan akhir pada penerimaan Polisi. Sidang Pantukhir menjadi titik penentu apakah calon siswa layak dan memenuhi syarat untuk melanjutkan pendidikan sebagai calon anggota Polri.

Terdapat dua jenis Pantukhir pada seleksi penerimaan Polri, yakni Pantukir tingkat daerah dan Pantukhir tingkat pusat.

Pantukhir Polri Tingkat Daerah
Pantukhir tingkat daerah dilakukan di masing-masing Polda. Pada tahapan Pantukhir ini, jumlah yang akan diterima disesuaikan dengan jumlah kuota peserta yang kemudian akan dikirim untuk mengikuti seleksi pusat, khusus untuk jalur penerimaan AKPOL.

Sementara itu, untuk jalur penerimaan Bintara dan Tamtama, Pantukhir daerah merupakan sidang penentu akhir untuk menentukan apakah calon siswa terpilih atau tidak untuk melanjutkan pendidikan sebagai calon anggota Polri.

Pantukhir Polri Tingkat Pusat
Pantukhir tingkat pusat merupakan tahap lanjutan dari Pantukhir daerah, khusus untuk jalur penerimaan AKPOL. Pada tahapan ini, calon siswa AKPOL akan kembali bersaing dengan skala yang lebih besar, yaitu skala nasional untuk diseleksi menjadi taruna AKPOL.

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Pantukhir Seleksi Polri
Untuk dinyatakan lolos terpilih pada sidang Pantukhir penerimaan Polri, calon siswa harus mendapatkan nilai maksimal pada masing-masing tahapan seleksinya. Semua nilai tahapan tes akan diakumulasi dan diranking pada saat sidang Pantukhir.

Oleh karena itu, sebagai calon siswa Polri, kamu harus mempersiapkan diri dengan sangat matang dalam menghadapi setiap tahapan seleksi Polri. Sebagai strategi untuk mendapatkan nilai yang maksimal pada setiap tahapan tes, kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbingan belajar khusus Polri dengan materi teraktual.

Pantukhir pada seleksi Polri merupakan tahapan seleksi yang sangat penting. Tahapan ini menjadi penentu kelulusan akhir seorang calon siswa Polri. Untuk dinyatakan lolos terpilih pada sidang Pantukhir, calon siswa harus mempersiapkan diri dengan sangat matang dan memperoleh nilai maksimal pada setiap tahapan seleksi Polri. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi Polri.