Tugas, Peran, Dan Fungsi INAFIS Di Kepolisian

Artikel ini membahas tentang tugas, peran, dan fungsi INAFIS (Automatic Finger Print Identification System) dalam mendukung penegakan hukum dan pelayanan terhadap masyarakat di Indonesia. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana identifikasi memiliki manfaat penting dalam pengungkapan kejahatan, serta bagaimana INAFIS bekerja untuk mengidentifikasi barang bukti dan menjalankan tugasnya dalam mendukung tugas Polri.

Identifikasi merupakan salah satu tahap penting dalam proses pengungkapan kejahatan, dan di Indonesia, identifikasi dilakukan oleh INAFIS (Automatic Finger Print Identification System). INAFIS memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung tugas Polri dan memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tugas INAFIS

Tugas utama INAFIS adalah mengidentifikasi barang bukti yang ditemukan di lokasi kejadian perkara (TKP). Meskipun barang bukti tersebut hanya sekecil apapun, namun sangat penting dalam proses penyidikan. INAFIS memerlukan kejelian dan ketelitian dalam mengembangkan barang bukti, dan mereka menggunakan berbagai macam metode untuk mencapai tujuan tersebut.

Manfaat Identifikasi

Identifikasi memiliki banyak manfaat dalam segi penegakan hukum. Salah satu manfaatnya adalah memudahkan penyidik dalam membuat daftar orang yang patut dicurigai dalam sebuah kasus. Hal ini dapat dilakukan dengan mengetahui jati diri korban, waktu kematian, serta alat yang digunakan oleh pelaku kejahatan.

Namun, identifikasi tidak hanya berguna dalam kasus kejahatan biasa. Identifikasi forensik juga dapat membantu dalam mengidentifikasi jenazah yang tidak dikenal, jenazah yang rusak atau hangus terbakar, serta korban bencana alam atau kecelakaan masal. Identifikasi forensik juga dapat membantu dalam kasus penculikan anak, bayi tertukar, atau anak yang diragukan orangtuanya.

Peran INAFIS

Peran INAFIS sangat penting dalam mendukung tugas Polri dalam segi penegakan hukum dan pelayanan terhadap masyarakat. Dalam segi penegakan hukum, INAFIS membantu dalam mengungkap pelaku kejahatan, melacak DPO (Daftar Pencarian Orang), serta mencegah dokumen palsu. Mereka juga bertukar informasi kriminal dengan kesatuan lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Sedangkan dalam segi pelayanan, INAFIS membantu dalam mengidentifikasi orang hilang, TKW/TKI, serta memproses transaksi bank/asuransi dan penerbitan dokumen identitas. Mereka juga membantu dalam Pilkada/Pemilu dengan memastikan bahwa setiap pemilih hanya memiliki satu hak suara.

INAFIS memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung tugas Polri dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat. Dengan tugas utamanya yaitu mengidentifikasi barang bukti di TKP, INAFIS memerlukan kejelian, ketelitian, dan kemampuan dalam mengembangkan barang bukti. Tidak hanya dalam segi penegakan hukum, identifikasi forensik juga memiliki manfaat penting dalam kasus-kasus lain seperti kecelakaan massal, bencana alam, dan penculikan anak. Oleh karena itu, INAFIS merupakan salah satu bagian penting dari penegakan hukum di Indonesia dan perlu diapresiasi atas kinerjanya dalam menjalankan tugasnya. Demikianlah informasi mengeani INAFIS yang mungkin belum Anda ketahui.