Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Satuan Sabhara

Artikel ini membahas tentang Satuan Sabhara, fungsi, tugas pokok, dan unit-unit yang dimilikinya. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui secara detail tugas-tugas Satuan Sabhara dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat serta bagaimana Satuan Sabhara bekerja sama dengan instansi terkait.

Satuan Sabhara merupakan bagian dari Kepolisian yang memiliki fungsi preventif dan mengedepankan keahlian serta keterampilan khusus dalam menjalankan tugasnya. Dalam menghadapi tuntutan perkembangan masyarakat, perumusan dan pengembangan fungsi Samapta dilakukan untuk menyesuaikan dengan setiap tugas yang tergabung dalam fungsi tersebut.

Fungsi Samapta meliputi pelaksanaan tugas Polisi Umum, pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pengamanan terhadap hak penyampaian pendapat di muka umum (PPDU), pembinaan Polisi Pariwisata, pembinaan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP), SAR Terbatas, TPTKP, TIPIRING, dan PERDA, pengendalian massa (Dalmas), negosiasi, pengamanan terhadap proyek vital/objek vital, serta pemberdayaan masyarakat, pembinaan bantuan satwa untuk kepentingan perlindungan, pengayoman, pertolongan, dan penertiban masyarakat.

Tugas Pokok Satuan Sabhara meliputi memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat, mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas, baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguan ketertiban lainnya, melakukan tindakan represif tahapan awal (Repawal) terhadap semua bentuk gangguan kamtibmas lainnya guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi keselamatan orang, harta benda, dan masyarakat, melaksanakan tindakan represif terbatas (Tipiring dan Penegakan Perda), pemberdayaan dukungan satwa dalam tugas operasional Polri, serta melaksanakan SAR terbatas.

Dalam menjalankan tugasnya, Satuan Sabhara memiliki beberapa unit, di antaranya:

  1. Unit Patroli, yaitu bentuk operasional Polri yang merupakan perwujudan tindakan menghilangkan faktor niat atau pencegahan terhadap bertemunya niat dan kesempatan.
  2. Pengendali Massa (Dalmas), yaitu kegiatan dengan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terhadap sekelompok masyarakat yang sedang menyampaikan pendapat/aspirasi di depan umum guna mencegah masuknya pengaruh pihak tertentu atau provokator.
  3. Penjagaan markas, yaitu pelaksanaan tugas kepolisian yang bersifat preventif guna mengamankan markas komando maupun lingkungan sekitarnya.

Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, Satuan Sabhara juga melakukan patroli di jalan raya, pengawalan terhadap kendaraan yang mengangkut uang atau barang berharga, serta pengamanan terhadap obyek vital atau proyek-proyek yang memiliki potensi kerawanan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Satuan Sabhara juga bekerja sama dengan instansi terkait, seperti TNI, Pemadam Kebakaran, dan instansi lainnya guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat terjaga dengan baik.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Satuan Sabhara memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Tugas-tugasnya yang meliputi pencegahan, penanggulangan, dan penindakan terhadap gangguan kamtibmas merupakan hal yang sangat vital. Oleh karena itu, Satuan Sabhara perlu mendapatkan dukungan dan apresiasi dari masyarakat sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Terus tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Satuan Sabhara!

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Satuan Sabhara dan tugas-tugasnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.