Inilah Sejumlah Tugas Polisi yang Perlu Kamu Ketahui Selain Menjaga Keamanan Masyarakat

Artikel ini menjelaskan tentang beberapa unit kepolisian di Indonesia beserta tugas-tugasnya. Unit kepolisian tersebut meliputi Sabhara, Brimob, Polisi DVI, Propam, Polisi Pariwisata, Polisi Pantai, Polisi Inafis, dan Labfor. Penjelasan tentang tugas masing-masing unit kepolisian tersebut dapat membantu kita memahami kerja keras para polisi yang berjuang untuk menjaga keamanan lingkungan dan negara. Artikel ini juga memberikan tips untuk mereka yang ingin menjadi polisi, serta pentingnya mendukung dan bekerja sama dengan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar kita.

Polri adalah badan pemerintah dan seluruh anggotanya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan masyarakat, menegakkan ketertiban umum, dan melakukan penegakan hukum di seluruh wilayah Indonesia. Namun, selain tugas-tugas tersebut, Polri juga memiliki beberapa unit dengan tugas khusus yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah beberapa unit kepolisian berserta tugas-tugasnya.

Sabhara

Sabhara adalah kepanjangan dari Samapta Bhayangkara. Unit ini dikenal dengan seragam abu-abu dan topi baret yang dikenakan oleh para anggotanya. Tugas utama dari satuan Sabhara adalah mencegah terjadinya kejahatan atau kerusuhan di tempat umum sehingga tidak disusupi oleh provokator.  Sabhara memiliki subunit yang terdiri dari satuan Polisi Berkuda yang bertugas membantu penanganan kerusuhan dan Unit K-9 yang sering bertugas dengan menggunakan anjing pelacak.

Brimob

Brimob dikenal dengan seragam hitam dan baret berwarna biru. Satuan ini bertugas untuk memastikan keamanan dan mengendalikan situasi yang memerlukan penanganan khusus, serta memulihkan keamanan yang telah terganggu. Brimob terdiri dari 2 subunit, yaitu resimen Gegana dan Pelopor. Gegana bertugas menangani ancaman bom, sementara Pelopor menangani kerusuhan, penyelamatan sandera, operasi SAR, dan operasi penyerbuan.

Polisi DVI

Polisi DVI adalah unit yang bertugas mengidentifikasi korban bencana yang jasadnya sulit dikenali. Unit ini terdiri dari dokter spesialis forensik, ahli antropologi, dokter gigi, anggota kepolisian, ahli fotografi, dan perwakilan masyarakat.

Propam

Propam adalah unit yang bertanggung jawab atas pembinaan profesi, penegakan disiplin, pemeriksaan ketertiban, dan pengamanan internal di lingkungan kepolisian.

Polisi Pariwisata

Polisi Pariwisata bertugas di kawasan pariwisata untuk memastikan keamanan wisatawan serta tempat wisata, memberikan pelayanan kepada wisatawan, dan menciptakan kenyamanan selama perjalanan maupun di tempat tujuan.

Polisi Pantai

Polisi Pantai bertugas menjaga keamanan wilayah pantai dan kegiatan wisatawan di dalamnya. Seragam mereka terdiri dari kaos biru, topi cowboy, dan celana Hawaii untuk memberikan kenyamanan dan keluwesan saat bertugas.

Polisi Inafis

Polisi Inafis bertugas dalam proses identifikasi sidik jari dan sering bekerja sama dengan unit DVI dan Labfor. Seragam mereka berwarna jingga.

Labfor

Labfor bertugas melakukan pemeriksaan TKP dan mencari bukti kejahatan, serta memeriksa barang bukti. Seragam mereka terdiri dari kaos berkerah atau kemeja hitam, rompi, dan topi.

Dengan memahami tugas-tugas dari setiap unit kepolisian di atas, kita dapat menghargai pekerjaan para polisi yang berjuang untuk menjaga keamanan lingkungan dan negara.

Dengan mengetahui tugas-tugas dari setiap unit kepolisian di atas, kamu dapat memahami lebih detail lagi tentang kerja keras dan tugas-tugas yang dilakukan oleh para polisi. Selain itu, kamu juga dapat mengapresiasi dan menghargai pekerjaan mereka yang telah berjuang untuk menjaga keamanan lingkungan dan negara.

Bagi kamu yang memiliki impian untuk menjadi seorang polisi, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Kamu harus memenuhi persyaratan yang diperlukan, seperti memiliki kesehatan yang baik, kemampuan fisik yang prima, dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu, kamu juga harus memahami tugas-tugas dari setiap unit kepolisian, sehingga kamu dapat menentukan bidang yang ingin kamu tekuni.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang polisi harus selalu mengutamakan keselamatan masyarakat dan dirinya sendiri. Polisi harus bersikap tegas namun tetap humanis dalam menangani kasus dan situasi yang dihadapinya. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, kita harus mendukung dan bekerja sama dengan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar kita.

Demikianlah informasi mengenai sejumlah tugas polisi di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu tentang keberadaan dan tugas-tugas para polisi di Indonesia.