Brimob: Mengenal Lebih Dekat Korps Brigade Mobil Polri

Baca artikel ini untuk lebih mengenal Brimob, kesatuan operasi khusus Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari sejarah, peran, dan tugas dari Korps Brigade Mobil atau Korps Brimob. Dapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya peran Brimob dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Indonesia.

Brimob adalah singkatan dari Brigade Mobil, yang dikenal juga dengan sebutan Korps Brigade Mobil atau Korps Brimob. Banyak yang penasaran tentang apa itu Brimob dan apa perannya dalam organisasi Polri. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai Korps Brimob.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Brimob

Menurut laman resmi Korps Brimob, Korps Brimob adalah kesatuan operasi khusus Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi. Sebagai satuan tertua dalam organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Korps Brimob telah banyak berkontribusi dalam menjaga keamanan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas.

Sejarah Brimob

Sejarah Brimob bermula dari masa pendudukan Jepang di Indonesia, di mana pada saat itu, terdapat organisasi keamanan yang bernama Tokubetsu Keisatsu Tai. Setelah Indonesia merdeka, organisasi ini berubah menjadi Polisi Istimewa, Mobrig (Mobil Brigade), dan akhirnya menjadi Brigade Mobil (Brimob). Pada tanggal 14 November 1961, Presiden RI secara resmi mengubah nama satuan ini dari Mobil Brigade menjadi Brigade Mobil (Brimob), dengan alasan penyesuaian nama yang memiliki kaidah bahasa Indonesia.

Peran dan Tugas Brimob

Tugas utama Brimob adalah membina dan mengerahkan kekuatan guna menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berintensitas tinggi serta tugas lain dalam lingkup tugas pokok Polri dalam rangka pemeliharaan keamanan dalam negeri. Sebagai satuan pamungkas Polri, Brimob memiliki peran penting dalam menangani kejahatan berintensitas tinggi. Sesuai dengan Perpres Nomor 5 Tahun 2017, peran Brimob meliputi melakukan maneuver, baik secara individual atau dalam kelompok dengan daya gerak, daya tembak, dan daya sergap untuk membatasi ruang gerak, melumpuhkan, menangkap para pelaku kejahatan beserta saksi dan barang bukti dengan cara membantu, melengkapi, melindungi, memperkuat dan menggantikan satuan kepolisian yang ada.

Demikianlah penjelasan mengenai Brimob, kesatuan operasi khusus Polri yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas. Sebagai satuan pamungkas Polri, Brimob dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi ancaman dan gangguan keamanan yang terjadi di Indonesia. Semoga informasi ini yang ada di artikel ini bermanfaat bagi kita semua untuk lebih mengenal dan memahami peran penting yang dimiliki oleh Brimob dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Indonesia.