Mengenal Jalur Penerimaan Bintara Rekpro Polri

Jalur penerimaan Bintara di Polri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah Akpol, Tamtama, dan Bintara Rekpro. Pada kesempatan ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai jalur penerimaan Bintara Rekpro Polri.

Bintara Rekpro (Rekrutmen Proaktif) merupakan jalur penerimaan Polri yang memberikan kebijakan khusus kepada para pemuda yang berasal dari daerah terluar Indonesia, anak kandung anggota polisi yang gugur/tewas/hilang/cacat saat bertugas, memiliki penghargaan atau tanda kehormatan, dan juga untuk pemuda berprestasi melalui kriteria talent scouting.

Ada tiga kriteria dalam jalur penerimaan Bintara Rekpro, yakni affirmative action, penghargaan, dan talent scouting. Kriteria affirmative action (jalur penguatan) adalah kebijakan yang diberikan secara khusus kepada para pemuda yang berasal dari daerah terluar Indonesia. Kriteria penghargaan dalam jalur Bintara Rekpro merupakan kebijakan yang diberikan kepada anak kandung anggota polisi yang gugur/tewas/hilang/cacat saat bertugas, memiliki penghargaan atau tanda kehormatan dan juga anak kandung masyarakat umum yang gugur saat membantu tugas kepolisian. Sedangkan, kriteria talent scouting adalah proses pencarian dan pemanduan calon anggota Polri yang memiliki bakat khusus, minat, dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademik dan/atau prestasi non-akademik.

Bagaimana Syarat Mendaftar di Jalur Bintara Rekpro?

Syarat mendaftar pada jalur penerimaan Bintara Rekpro hampir sama dengan persyaratan mendaftar jalur Bintara PTU, mulai dari batas usia minimal dan maksimal, tinggi badan, berat badan, dan sebagainya. Hal yang membedakan hanya berkas-berkas yang menunjukkan bahwa kalian termasuk salah satu dari tiga kriteria Bintara Rekpro.

Bagi pendaftar dengan kriteria talent scouting, maka wajib melampirkan sertifikat olimpiade atau kejuaraan minimal tingkat provinsi juara 1,2 dan 3. Untuk hafidz quran minimal menghafal 10 juz, dan sebagainya. Adapun bagi pendaftar kriteria affirmative action dan penghargaan wajib melampirkan berkas yang membuktikan bahwa kalian termasuk ke dalam kriteria tersebut. Informasi lengkap terkait persyaratan jalur penerimaan Bintara Rekpro dapat kalian akses melalui situs resmi penerimaan Polri di www.penerimaan.polri.go.id.

Berapa Besaran Gaji dan Pangkat Bintara Rekpro?

Setelah selesai menjalani tujuh bulan pendidikan, polisi jalur penerimaan Bintara Rekpro akan menyandang gelar Bripda atau Brigadir Polisi Dua. Tugas yang diemban pun sama dengan bintara pada umumnya, yaitu sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama atau sebaliknya dalam segi operasional.

Besaran gaji yang diterima oleh Bintara telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 Tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Polisi dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) dengan masa dinas kurang dari satu tahun akan menerima gaji pokok sebesar Rp2.103.700 per bulan. Besaran gaji dapat bertambah mengikuti periode pengabdian dan kenaikan pangkat mencapai Rp4.032.600 per bulan. Selain gaji pokok, terdapat beberapa tunjangan yang diterima, seperti tunjangan pangan, tunjangan anak, tunjangan suami atau istri, hingga tunjangan pengabdian di daerah terpencil.

Kuota penerimaan Bintara Rekpro setiap tahunnya berbeda-beda. Pada Penerimaan Bintara Rekpro 2022, kuota yang dibuka sebanyak 1.500 orang dengan komposisi 1.400 laki-laki dan 100 perempuan. Kuota yang dibuka pada tahun-tahun berikutnya dapat berkurang atau justru bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan formasi di instansi Polri.

Jalur penerimaan Bintara Rekpro Polri merupakan salah satu jalur rekrutmen yang diberikan secara khusus kepada para pemuda yang memenuhi kriteria affirmative action, penghargaan, dan talent scouting. Syarat mendaftar hampir sama dengan jalur Bintara PTU, namun berkas-berkas yang dibutuhkan berbeda tergantung pada kriteria yang dipenuhi. Setelah selesai menjalani tujuh bulan pendidikan, polisi jalur penerimaan Bintara Rekpro akan menyandang gelar Bripda atau Brigadir Polisi Dua dan mendapatkan besaran gaji yang telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 Tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jangan lupa untuk mengakses situs resmi penerimaan Polri di www.penerimaan.polri.go.id untuk informasi lengkap terkait persyaratan jalur penerimaan Bintara Rekpro. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang tertarik untuk bergabung dengan Polri melalui jalur penerimaan Bintara Rekpro.