Mengenal Tamtama Polri: Tugas, Jenjang Karir, dan Gaji

Artikel ini membahas tentang Tamtama Polri, dari tugas, jenjang karir, hingga gaji yang diterima. Jika kamu tertarik untuk mendaftar sebagai Tamtama Polri, simak informasi lengkapnya di artikel ini.

Apakah kamu memiliki minat dalam karir kepolisian? Jika ya, mungkin kamu tertarik untuk menjadi Tamtama Polri. Tamtama Polri adalah golongan pangkat kepolisian yang paling rendah atau setingkat di bawah Bintara. Mereka bertugas sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftar sebagai Tamtama Polri, penting bagi kamu untuk mengetahui tugas, jenjang karir, dan gaji yang diterima. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai Tamtama Polri, meliputi apa itu Tamtama Polri, tugas-tugasnya, jenjang karir, dan gaji yang diterima. sehingga kamu bisa membuat keputusan yang tepat.

Apa itu Tamtama Polri?

Tamtama Polri adalah golongan pangkat kepolisian yang paling rendah atau setingkat di bawah Bintara. Mereka adalah garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Tamtama Polri biasanya ditempatkan di satuan Brimob yang lebih sering terjun langsung ke lapangan.

Untuk menjadi Tamtama Polri, terdapat jalur penerimaan khusus yang meliputi aspek kesamaptaan jasmani. Jalur penerimaan Tamtama Polri juga dikhususkan untuk calon siswa pria saja. Alasannya, karena tugas yang akan diemban oleh Tamtama Polri adalah tugas yang membutuhkan kekuatan fisik.

Jenjang Karir Tamtama Polri

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Polri, jenjang karir Tamtama Polri mulai dari yang tertinggi hingga terendah terdiri atas Ajun Brigadir Polisi (Abrip), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Bhayangkara Satu (Bharatu), dan Bhayangkara Dua (Bharada).

Setelah lulus pendidikan Tamtama Polri, kamu akan langsung menyandang pangkat Bharada. Namun, kenaikan pangkat bisa didapatkan melalui jalur reguler, pengabdian, luar biasa, atau luar biasa anumerta. Setiap jalur kenaikan pangkat juga memiliki kurun waktu yang berbeda-beda.

Gaji Tamtama Polri

Bagi Tamtama Polri yang baru selesai melaksanakan pendidikan pertama setelah lulus terpilih, mereka akan mendapatkan pangkat Bharada atau Bhayangkara Dua. Adapun besaran gaji yang diterima berkisar antara Rp 1.643.500-Rp 2.538.100.

Kenaikan pangkat pada Tamtama Polri akan dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan pengabdian yang diberikan. Anggota Tamtama Polri juga bisa naik hingga tingkat Bintara maupun Perwira, hanya saja waktu yang diperlukan cukup lama.

Mendaftar sebagai Tamtama Polri adalah pilihan karir yang menarik bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Aspek kesamaptaan jasmani menjadi poin penting dalam proses penerimaan Tamtama Polri, karena tugas yang akan diemban membutuhkan kekuatan fisik.

Jenjang karir Tamtama Polri dimulai dari pangkat Bharada atau Bhayangkara Dua, dan kenaikan pangkat bisa didapatkan melalui jalur reguler, pengabdian, luar biasa, atau luar biasa anumerta. Besaran gaji Tamtama Polri berkisar antara Rp 1.643.500-Rp 2.538.100 dan dapat naik seiring dengan kenaikan pangkat yang diperoleh.

Jangan ragu untuk mendaftar sebagai Tamtama Polri jika kamu tertarik dengan karir ini. Jadilah bagian dari institusi kepolisian yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan baik dan profesional.