Mengenal Lebih Dekat Jalur Penerimaan SIPSS Polri

Artikel berikut ini akan membahas Jalur Penerimaan SIPSS Polri yang mungkin masih jarang diketahui masyarakat awam. Kamu akan mengetahui persyaratan, pendidikan, dan gaji yang diterima oleh polisi berpangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) melalui jalur penerimaan SIPSS. Informasi ini dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin bergabung dengan instansi Polri dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Jalur Penerimaan SIPSS Polri mungkin masih jarang diketahui masyarakat awam, selain AKPOL, Bintara, dan Tamtama. Namun, SIPSS merupakan salah satu jalur penerimaan yang cukup menarik perhatian. SIPSS adalah singkatan dari Sekolah Inspektur Sumber Sarjana, dan menjadi salah satu jalur penerimaan yang dibuka setiap tahunnya untuk para lulusan S1, S2 bahkan S3 dari berbagai jurusan yang dibutuhkan oleh instansi Polri.

Penerimaan Polri melalui jalur SIPSS dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam mengembangkan kekuatan personel Polri yang berasal dari lulusan sarjana. Selain itu, para calon polisi yang diterima melalui jalur ini akan ditempatkan atau ditugaskan di berbagai instansi Polri yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimilikinya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan penempatan personel Polri yang tepat dan efektif sesuai dengan kompetensinya. Perlu diingat bahwa mengutip atau meniru tulisan orang lain tanpa memberikan sumber yang jelas dapat dikategorikan sebagai tindakan plagiarisme yang tidak dianjurkan.

Syarat Daftar Melalui SIPSS Polri

Bagi kamu yang berminat mendaftar melalui Jalur Penerimaan SIPSS Polri, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Kamu harus berijazah S1, S2 atau S3 dari perguruan tinggi negeri atau swasta. Selain itu, kamu harus memenuhi syarat IPK minimal 2,75 dan berusia maksimal 40 tahun untuk Dokter Spesialis, 30 tahun untuk S2 dan S2 Profesi, 28 tahun untuk S1 Profesi dan 26 tahun untuk S1 dan D-IV. Kemudian, kamu juga harus memenuhi syarat tinggi badan minimal 158 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, serta syarat lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai persyaratan pendaftaran Jalur SIPSS Polri, kamu dapat mengakses situs resmi penerimaan Polri diĀ www.penerimaan.polri.go.id.

Pendidikan Pembentukan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana merupakan program pendidikan khusus bagi sarjana yang ingin bergabung dengan Kepolisian. Tujuan dari pendidikan ini adalah untuk membentuk perwira pertama Polri yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan, ketangguhan, serta sikap dan perilaku yang baik agar dapat melaksanakan tugas kepolisian dengan keahlian dan kompetensi di bidang keilmuannya.

Setelah melalui proses pendidikan selama enam bulan di Akademi Kepolisian dengan jalur penerimaan SIPSS, polisi yang telah berhasil lulus akan mendapatkan gelar IPDA. Dengan pangkat IPDA atau Inspektur Polisi Dua, mereka akan menjadi perwira tingkat pertama di Kepolisian. Besaran gaji yang diterima oleh polisi berpangkat Perwira telah diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2019.

Gaji dan Pangkat SIPSS

Seorang polisi yang berpangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) dengan masa dinas kurang dari satu tahun akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp2.735.300 setiap bulannya. Besaran gaji ini dapat meningkat seiring dengan lamanya masa pengabdian dan naiknya pangkat, hingga mencapai Rp5.930.800 per bulan. Tidak hanya gaji pokok, terdapat beberapa jenis tunjangan yang akan diterima oleh polisi tersebut, seperti tunjangan makan, tunjangan anak, tunjangan suami atau istri, serta tunjangan pengabdian di daerah terpencil.

Demikianlah informasi mengenai Jalur Penerimaan SIPSS Polri yang wajib diketahui. Jalur penerimaan ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin bergabung dalam instansi Polri dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Pastikan kamu memenuhi persyaratan dan mempersiapkan diri dengan baik agar dapat lolos dalam seleksi penerimaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai Jalur Penerimaan SIPSS Polri.