Jurusan SIPSS Polri Dari Tahun Ke Tahun yang Perlu Anda Tahu

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) merupakan jalur penerimaan Polri yang khusus dibuka bagi lulusan sarjana. Jalur ini membentuk Perwira Pertama Polri yang memiliki keahlian dan/atau kompetensi di bidang keilmuannya guna mendukung tugas kepolisian. Bagi Anda yang ingin bergabung dengan Polri melalui jalur ini, berikut adalah informasi mengenai jurusan SIPSS yang dibuka dari tahun 2021 hingga 2023.

Jurusan SIPSS Tahun 2023

Pada tahun 2023, Polri membuka beberapa jurusan, antara lain Spesialis Anastesi, Spesialis Anak, Spesialis Kandungan, Spesialis Bedah, Spesialis Patologi Klinik, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Forensik, S-2 Keperawatan, S-2 Teknik Elektro (Data Engineering), dan S-2 Psikologi (Profesi). Sementara untuk jenjang S-1, Polri membuka jurusan Kedokteran Umum (Profesi), Kedokteran Gigi (Profesi), Farmasi (Profesi Apoteker), Keperawatan (Profesi), Biologi (Murni), Fisika (Murni), Kimia (Murni), Teknik Informatika (Programming, Jaringan), Sistem Informasi (Programming, Jaringan), Teknik Metalurgi, Teknik Industri, Ilmu Komunikasi (Jurnalistik, Public Relation), Psikologi, Arsitektur, Hubungan Internasional, Sastra Perancis, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Korea, Pendidikan Bahasa Jepang, Akuntansi, Statistika, dan Ilmu Administrasi Negara.

Jurusan Sarjana SIPSS Tahun 2022

Pada tahun 2022, Polri membuka jurusan Spesialis Mikrobiologi Klinik, Spesialis Patologi Anatomi, S-2 Psikologi (Profesi), S-2 Ilmu Tafsir/Hadist, S-1 Kedokteran Umum (Profesi), Kedokteran Gigi (Profesi), Farmasi (Profesi Apoteker), Ilmu Gizi, Biologi (Murni), Teknik Informatika (Programming, Jaringan), Sistem Informasi (Database), Ilmu Komunikasi (Jurnalistik, Public Relation), Desain Komunikasi Visual, Teknik Elektro Arus Lemah, Teknik Metalurgi, Teknik Industri (Manajemen Industri), Kimia (Murni), Hubungan Internasional, Sastra Jepang, Sastra China, Pendidikan Olahraga, Teknologi Pendidikan, Ilmu Sejarah, Ekonomi Manajemen, Akuntansi, serta semua jurusan dengan sertifikat CPL IR Flying School (Pilot).

Tahun 2021

Pada tahun 2021, Polri membuka jurusan Kedokteran Umum (Profesi), Kedokteran Gigi (Profesi), Psikologi, Biologi (Umum), Teknik Informatika (Programming, Jaringan), Sistem Informasi (Database), Desain Komunikasi Visual/Desain Grafis, Teknik Penerbangan, Teknik Elektro (Arus Lemah), Teknik Metalurgi, Hubungan Internasional, Sastra China, Sastra Perancis/Spanyol, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kurikulum, Farmasi Kurikulum (Profesi), Ilmu Komunikasi (Public Relation, Jurnalistik), Perpajakan, serta semua jurusan dengan sertifikat CPL IR Flying School.

Jurusan SIPSS yang dibuka setiap tahunnya berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan formasi dalam instansi Polri yang juga mengalami perubahan setiap tahun. Meskipun beberapa jurusan sering dibuka seperti Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Kedokteran, tidak menjamin jurusan tersebut akan muncul setiap tahunnya. Beberapa jurusan yang baru juga bisa saja muncul pada formasi jurusan SIPSS di tahun berikutnya, seperti Pendidikan Bahasa Korea dan Pendidikan Bahasa Arab di tahun 2023 yang belummuncul pada formasi jurusan SIPSS di tahun-tahun sebelumnya.

Untuk bisa mendaftar di jalur SIPSS, calon pelamar harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Polri, seperti memiliki ijazah Sarjana (S-1 atau S-2) yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memiliki IPK minimal 2,75 (untuk jurusan IPA) atau 3,00 (untuk jurusan Non-IPA), memiliki usia maksimal 30 tahun pada saat pendaftaran, dan memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan yang ditetapkan oleh Polri.

Setelah memenuhi persyaratan, calon pelamar harus mengikuti proses seleksi yang terdiri dari beberapa tahap, seperti seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar, seleksi kemampuan bidang, tes kesehatan, dan tes kebugaran jasmani. Calon pelamar yang lolos seleksi akan mengikuti pendidikan di SIPSS selama 12 bulan dan setelah lulus akan diangkat sebagai Perwira Pertama Polri.

Demikian informasi mengenai jurusan SIPSS yang dibuka oleh Polri dari tahun 2021 hingga 2023. Harap dicatat bahwa informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dan kebutuhan Polri. Jika Anda berminat untuk bergabung dengan Polri melalui jalur SIPSS, pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru dari situs resmi Polri.