Cara Mudah Membuat SKCK Online untuk Daftar Polri

Bagi kalian yang ingin mendaftar Polri, pastinya sudah tahu bahwa Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah salah satu syarat penting yang harus dilengkapi. SKCK asli yang dikeluarkan oleh Polres setempat dan fotokopi yang dilegalisir oleh Polres yang menerbitkan harus disertakan sebagai berkas administrasi pendaftaran Polri.

Namun, tidak seperti kartu BPJS yang bisa digantikan dengan KIS, SKCK dalam syarat pendaftaran Polri tidak bisa diganti dengan berkas lain. Maka, bagi kalian yang belum memiliki SKCK, wajib mengurus pembuatannya terlebih dahulu di Polres setempat.

Tapi jangan khawatir, sekarang pembuatan SKCK sudah bisa dilakukan secara online sehingga lebih mudah dan praktis. Berikut ini adalah cara membuat SKCK secara online dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat SKCK untuk keperluan mendaftar Polri.

Cara Membuat SKCK Secara Online

  1. Download aplikasi SUPERAPPS PRESISI POLRI melalui Play Store dan App Store.
  2. Registrasi SKCK online dengan Masuk/Daftar Baru akun.
  3. Pilih menu “SKCK”, lalu klik opsi “Ajukan SKCK”.
  4. Lampirkan dokumen persyaratan pembuatan SKCK.
  5. Isi formulir pendaftaran SKCK dengan lengkap dan benar.
  6. Lakukan pembayaran pembuatan SKCK.
  7. Cetak tanda bukti berupa barcode untuk mengambil SKCK fisik.
  8. Kunjungi Loket Pelayanan SKCK di Polres dengan membawa barcode dan persyaratan dokumen untuk pengambilan SKCK fisik.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat SKCK untuk Pendaftaran Polri

Setelah mengetahui cara membuat SKCK secara online, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat SKCK untuk mendaftar Polri.

  1. Pastikan kalian mengisi kolom keperluan atau tujuan pembuatan dengan sejelas mungkin pada formulir pendaftaran SKCK. Contohnya, jika digunakan untuk mendaftar Bintara Polri, maka diisi dengan “Mendaftar Penerimaan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023”. Penulisan keperluan pembuatan SKCK harus sejelas mungkin agar SKCK dapat diterima. Contohnya, SKCK tidak dapat diterima sebagai berkas administrasi pendaftaran Polri jika pada kolom keperluan tertulis untuk melamar pekerjaan dan lain sebagainya.
  2. Perhatikan masa berlaku SKCK. Pastikan saat mendaftar Polri SKCK kalian masih dalam kondisi aktif. Umumnya, SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan 6 bulan berlaku sejak tanggal diterbitkan, keterangan masa berlaku juga bisa dilihat pada SKCK.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara mudah membuat SKCK online untuk mendaftar Polri? Selain persiapan berkas administrasi seperti SKCK, kalian juga harus mempersiapkan tahapan tes lainnya.

Demikianlah cara mudah membuat SKCK online untuk keperluan mendaftar Polri. Dengan pembuatan SKCK yang lebih praktis melalui aplikasi SUPERAPPS PRESISI POLRI, kalian dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengurus berkas administrasi pendaftaran. Namun, pastikan untuk memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat SKCK agar tidak ada kendala pada saat pengambilan SKCK fisik di Polres. Dengan berkas administrasi yang lengkap dan memenuhi syarat, kalian dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan tes dan menjadi bagian dari kepolisian Indonesia yang profesional dan bertanggung jawab. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.