Aturan Mengenai Potongan Rambut untuk Calon Siswa Polri

Artikel berikut ini akan membahas aturan dan ketentuan potongan rambut bagi calon siswa Polri. Kamu akan mengetahui bahwa tidak ada ketentuan khusus terkait potongan rambut saat seleksi Polri, namun yang terpenting adalah menjaga potongan rambut tetap rapi. Artikel ini juga memberikan informasi penting terkait persiapan calon siswa untuk menghadapi setiap tahapan rekrutmen Polri dengan baik dan siap secara fisik dan mental.

Jika kamu berencana untuk mengikuti tes Polri, pasti terpikirkan tentang potongan rambut yang akan kamu gunakan, bukan? Namun, apakah ada aturan atau ketentuan yang mengatur potongan rambut bagi calon siswa Polri? Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui selengkapnya!

Penampilan yang Rapi dan Bersih Sangat Penting di Seleksi Polri
Setiap tahapan seleksi Polri memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama dari segi penampilan. Aspek penampilan ini meliputi pakaian yang digunakan, kerapian, kelengkapan, dan tentu saja, potongan rambut.

Ketentuan Potongan Rambut untuk Calon Siswa Polri

Hal yang seringkali menjadi kebingungan di kalangan calon siswa adalah aturan mengenai potongan rambut. Sebenarnya, tidak ada ketentuan khusus terkait potongan rambut bagi calon siswa saat mengikuti seleksi Polri. Yang terpenting adalah potongan rambut calon siswa Polri harus rapi, tidak berkumis, dan tidak berjenggot bagi calon siswa pria.

Sementara itu, bagi calon siswa wanita, potongan rambut juga harus rapi. Bagi calon siswa wanita yang berhijab, hijab harus rapi dan menggunakan ikat rambut di dalamnya. Ketentuan potongan rambut baru akan diberlakukan setelah calon siswa dinyatakan lulus terpilih.

Ketika calon siswa dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti pendidikan, akan ada aturan yang menetapkan potongan rambut yang diperbolehkan. Namun, calon siswa tidak perlu khawatir memikirkan jenis potongan rambut yang harus digunakan karena pemotongan akan difasilitasi oleh Panitia Penerimaan Daerah (Panda) masing-masing.

Namun, tidak menutup kemungkinan aturan potongan rambut juga diberlakukan sejak masa rekrutmen. Hal ini disesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing Polda/Polres. Oleh karena itu, pastikan calon siswa selalu memperbarui informasi terkait apa yang harus dibawa dan dilakukan di setiap tahapan seleksi pada masing-masing Polres/Polda.

Jika harus diterapkan saat seleksi, aturan mengenai potongan rambut biasanya diberlakukan pada tahap Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) dengan tujuan mempermudah pemeriksaan.

Namun, yang terpenting bukanlah potongan rambut, tetapi kelengkapan dan seragam yang harus dibawa pada setiap tahapan seleksi. Sebagai contoh, pada tahap Rikkes I rekrutmen Polri 2023, Polda DIY menentukan kelengkapan yang harus dibawa sebagai berikut:

  • Pria:
    Kaos putih Indomaret (bukan kaos V-neck)
    Celana putih Yonek/Lotto
    Celana dalam putih GT Man/Rider
    Ballpoint hitam standar
    Masker One Med hijau
    Bekal secukupnya
  • Wanita:
    Celana training panjang putih
    Kaos lengan panjang putih
    Celana dalam putih
    Ballpoint hitam standar
    Masker One Med hijau
    Hijab putih
    Bekal secukupnya

Jadi, sudah terjawab bahwa tidak ada aturan khusus terkait potongan rambut saat seleksi Polri, yang terpenting adalah menjaga potongan rambut tetap rapi. Hal yang tidak kalah penting adalah persiapan calon siswa untuk menghadapi setiap tahapan rekrutmen Polri dengan baik dan siap secara fisik dan mental.