Urutan Pangkat Polisi Indonesia dari Brigadir hingga Bharada: Memahami Struktur Organisasi dan Peran Propam serta Provos Polri

Artikel ini membahas daftar urutan pangkat polisi Indonesia dari Brigadir hingga Bharada. Selain itu, artikel ini juga menjelaskan mengenai Propam dan Provos Polri, divisi yang bertanggungjawab terhadap masalah pembinaan profesi dan pengamanan, serta penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri.

Jajaran kepolisian Indonesia terdiri dari berbagai tingkatan pangkat yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Mulai dari pangkat terendah hingga pangkat tertinggi, setiap tingkatan memiliki peran dan fungsi masing-masing. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar urutan pangkat polisi Indonesia dari Brigadir hingga Bharada, serta penjelasan mengenai Propam dan Provos Polri. Dengan mengetahui urutan pangkat polisi, diharapkan dapat memudahkan dalam memahami peran dan tugas dari masing-masing tingkatan pangkat polisi di Indonesia.

Berikut adalah daftar urutan pangkat polisi Indonesia dari Brigadir hingga Bharada.

  1. Tamtama

Tamtama merupakan pangkat polisi terendah yang bertugas sebagai prajurit. Pada tingkatan ini, terdapat tiga jenjang, yaitu Bhayangkara Dua (Bharada), Bhayangkara Satu (Bharatu), dan Bhayangkara Kepala (Bharaka). Selanjutnya, terdapat pula tingkatan Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), dan Ajun Brigadir Polisi (Abrip).

  1. Bintara

Bintara merupakan pangkat polisi kedua terendah di kepolisian Indonesia. Pada tingkatan ini terdapat enam jenjang, yaitu Brigadir Polisi Dua (Bripda), Brigadir Polisi Satu (Briptu), Brigadir Polisi (Brigpol), Brigadir Polisi Kepala (Bripka), Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda), dan Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu).

  1. Perwira Pertama

Perwira Pertama merupakan tingkatan pangkat nomor tiga tertinggi setelah Perwira Menengah dan Perwira Tinggi. Pada tingkatan ini terdapat tiga jenjang, yaitu Inspektur Polisi Dua (Ipda), Inspektur Polisi Satu (Iptu), dan Ajun Komisaris Polisi (AKP).

  1. Perwira Menengah

Perwira Menengah adalah tingkatan pangkat yang memiliki tiga jenjang, yaitu Komisari Polisi (Kompol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), dan Komisaris Besar (Kombes).

  1. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi adalah tingkatan pangkat tertinggi di Polri. Pada tingkatan ini terdapat empat jenjang, yaitu Brigadir Jendral Polisi (Brigjenpol), Komisaris Jendral Polisi (Komjenpol), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen), dan Jenderal Polisi.

Penjelasan Propam dan Provos Polri

Propam atau Profesi dan Pengamanan adalah divisi yang bertanggungjawab terhadap masalah pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri. Propam berada sebagai pelaksana staf khusus Polri di tingkat Markas Besar yang berada di bawah Kapolri.

Sementara itu, Provos merupakan satuan fungsi pembinaan dari Polisi Organisasi Militer/POM atau istilah Polisi Militer/PM. Provos memiliki tanggung jawab sebagai divisi penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri.

Demikianlah pembahasan mengenai daftar urutan pangkat polisi Indonesia dari Brigadir hingga Bharada beserta penjelasan mengenai Propam dan Provos Polri. Mengetahui urutan pangkat polisi Indonesia sangat penting sebagai dasar dalam memahami struktur organisasi kepolisian dan memahami tugas serta tanggung jawab dari setiap tingkatan pangkat. Selain itu, Propam dan Provos Polri juga memiliki peran penting dalam menjaga ketertiban dan kedisiplinan di lingkungan Polri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai kepolisian Indonesia.