Kenali Pangkat Polisi yang Didapat dari Rekrutmen Tamtama, Bintara, Akpol, hingga SIPSS!

Apakah Anda tengah mencari tahu mengenai pangkat polisi yang diperoleh setelah lolos seleksi rekrutmen anggota Polri? Jika iya, artikel ini cocok untuk Anda. Setiap tahun, Lembaga Kepolisian Republik Indonesia menyelenggarakan proses rekrutmen anggota baru dengan empat jenis rekrutmen yang berbeda, yakni Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara Polri, dan Tamtama.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pangkat polisi yang didapatkan setelah lulus seleksi untuk masing-masing jenis rekrutmen.

Berikut Jenis jenis Pangkat Polisi

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

SIPSS merupakan salah satu jenis rekrutmen anggota Polri yang hanya dapat diikuti oleh para calon yang telah memiliki gelar pendidikan setidaknya Diploma 4, Sarjana 1 atau Sarjana 2. Jurusan pendidikan dan kuota akan berbeda-beda setiap tahunnya tergantung kebutuhan Polri.

Selama masa pendidikan, peserta akan diberikan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di bidang penegakan hukum. Setelah selesai dan lolos masa pendidikan, peserta akan diberikan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda), yang masuk dalam kategori pangkat Perwira Pertama Polri.

Taruna Akademi Kepolisian (Akpol)

Akademi Kepolisian merupakan salah satu jenis rekrutmen anggota Polri yang ditujukan bagi lulusan SMA sederajat dan bersifat nasional. Proses seleksi penerimaan anggota Polri umumnya dilakukan di bawah naungan Staf Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri. Peserta yang berhasil lolos seleksi Akpol akan menjalani masa pendidikan selama empat tahun di Semarang dan akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.Ik).

Lulusan Akpol disiapkan untuk menjadi perwira, sehingga akan mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda), yang termasuk dalam kategori pangkat Perwira Pertama Polri.

Bintara Polri

Bintara Polri merupakan salah satu jenis rekrutmen anggota Polri yang ditujukan bagi lulusan SMA sederajat namun bersifat daerah, di mana proses rekrutmen hanya sampai tingkat Polda. Peserta yang berhasil lolos seleksi Bintara akan menjalani masa pendidikan terlebih dahulu sebelum memperoleh pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Tamtama

Jika Anda tertarik bergabung dengan Polri dengan pangkat paling rendah, maka rekrutmen Tamtama bisa menjadi pilihan. Peserta yang berhasil lolos seleksi akan menjalani masa pendidikan terlebih dahulu dan kemudian akan memperoleh pangkat Bhayangkara Dua (Bharada).

Setiap jenis rekrutmen anggota Polri memiliki kualifikasi dan pangkat polisi yang berbeda-beda. Proses seleksi penerimaan anggota dilakukan secara bertahap dan terdiri dari beberapa jenis tes, seperti tes fisik, tes psikologi, dan tes kemampuan dasar yang meliputi mata pelajaran sekolah seperti matematika, bahasa Indonesia, dan wawasan kebangsaan.

Kuota penerimaan anggota dapat berbeda-beda setiap tahunnya, tergantung kebutuhan Polri. Informasi mengenai proses rekrutmen dapat dilihat langsung melalui penerimaan.polri.go.id yang dapat diakses menjelang pembukaan penerimaan anggota Polri.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan Polri dan sedang mencari informasi mengenai pangkat polisi yang diperoleh setelah lolos seleksi rekrutmen anggota Polri. Tetap semangat dalam mengejar cita-cita dan terus belajar untuk meraih kesuksesan!