Kenali Bintara PTU, Profesi Menjanjikan di Kepolisian Indonesia

Bintara PTU adalah salah satu profesi menjanjikan di kepolisian Indonesia. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang tanggung jawab, jenjang karir, besaran gaji, dan tunjangan yang didapatkan oleh Bintara PTU.

Profesi sebagai anggota kepolisian selalu menjadi pilihan menarik bagi sebagian orang. Salah satu profesi yang menjanjikan di kepolisian Indonesia adalah Bintara PTU. Sebagai anggota kepolisian, Bintara PTU memiliki tanggung jawab penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan masyarakat. Selain itu, Bintara PTU juga memiliki jenjang karir yang bisa dikejar dan gaji serta tunjangan yang cukup menggiurkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang tanggung jawab, jenjang karir, besaran gaji, dan tunjangan yang didapatkan oleh Bintara PTU.

Tanggung Jawab Bintara Polisi

Sebagai anggota kepolisian, Bintara PTU memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan masyarakat. Tanggung jawabnya meliputi menjaga keamanan dan ketertiban umum, memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Jenjang Karir Bintara Polri

Jenjang karir di Bintara Polri dimulai dari pangkat paling rendah sampai paling tinggi yaitu Ajun Inspektur Satu (Aiptu) yang merupakan pangkat tertinggi. Untuk menjadi seorang Bintara Polisi, seseorang harus menyelesaikan pendidikan selama tujuh bulan dengan pangkat yang akan didapatkan usai lulus yaitu Brigadir Dua (Bripda).

Besaran Gaji dan Tunjangan Bintara PTU

Gaji dan tunjangan bagi anggota Polisi, termasuk Bintara PTU, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Keduabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selain gaji pokok, anggota Polri juga menerima tunjangan setiap bulannya, termasuk tunjangan kinerja (tukin) yang besarnya cukup signifikan.

Berikut ini adalah daftar besaran gaji Bintara (golongan II) tahun 2022:

  • Brigadir Polisi Dua (Bripda): Rp 2.103.700-Rp 3.457.100
  • Brigadir Polisi Satu (Briptu): Rp 2.169.500-Rp 3.565.200
  • Brigadir Polisi (Brigpol): Rp 2.237.400-Rp 3.676.700
  • Brigadir Polisi Kepala (Bripka): Rp 2.307.400-Rp 3.791.700
  • Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda): Rp 2.379.500-Rp 3.910.300
  • Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu): Rp 2.454.000-Rp 4.032.600.

Bintara PTU merupakan salah satu profesi menjanjikan di kepolisian Indonesia. Sebagai anggota kepolisian, tanggung jawab utama Bintara PTU adalah menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan masyarakat. Jenjang karir yang tersedia cukup menarik bagi mereka yang ingin meniti karir di kepolisian. Besaran gaji dan tunjangan yang diterima juga cukup menggiurkan. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan dan keinginan untuk menjadi anggota kepolisian. Bagi mereka yang tertarik, menjaga keamanan dan ketertiban umum merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang profesi Bintara PTU di kepolisian Indonesia.