Syarat Umum dan Khusus untuk Seleksi Bintara POLRI Tahun 2023

Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh calon peserta seleksi Bintara POLRI tahun 2023.

Bintara adalah pangkat di kalangan militer dan kepolisian yang berada di bawah Letnan Dua/Inspektur Polisi Dua, dan di atas Kopral/Ajun Brigadir Polisi. Berikut ini adalah persyaratan umum dan persyaratan khusus untuk seleksi Bintara POLRI tahun 2023.

Persyaratan Umum:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Pendidikan minimal SMA/sederajat.
  5. Usia minimal 18 tahun pada saat dilantik menjadi anggota Polri.
  6. Sehat jasmani dan rohani (terbukti dengan Surat Keterangan Sehat dari Institusi Kesehatan).
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan (melampirkan SKCK dari Polres setempat).
  8. Memiliki kepribadian jujur, berwibawa, dan berkelakuan tidak tercela.

Persyaratan Khusus:

  1. Pria/Wanita.
  2. Bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI.
  3. Lulusan SMA/SMA/SMK/MA/MAK/SPM/PDF.
  4. Lulusan tahun 2019 atau sebelumnya harus melampirkan nilai ijazah (gabungan nilai rata-rata rapor ditambah nilai rata-rata ujian sekolah dibagi 2) minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal C (bagi ijazah alphabet). Sedangkan khusus peserta dari Polda Papua dan Papua Barat, nilai rata-rata minimal 60,00 atau C.
  5. Lulusan tahun 2020 & 2021 harus melampirkan nilai ijazah minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal C (bagi ijazah alphabet). Sedangkan khusus peserta dari Polda Papua dan Papua Barat dengan nilai rata-rata minimal 60,00 atau C.
  6. Lulusan tahun 2022 harus melampirkan nilai rata-rata ijazah dengan akumulasi minimal 70,00 atau nilai ijazah minimal B (bagi ijazah alphabet). Sedangkan dari Polda Papua dan Papua Barat minimal 65,00 atau C.
  7. Lulusan tahun 2023 akan ditentukan kemudian.
  8. Lulusan DI s.d DIV/Sarjana minimal memiliki IPK 2,75 dan prodi terakreditasi.
  9. Bagi yang masih kelas XII (lulusan tahun 2023) harus melampirkan nilai rata-rata rapor semester V kelas XII minimal 75,00 atau minimal B (bagi ijazah alphabet). Sedangkan dari Polda Papua dan Papua Barat minimal 70 atau minimal B.
  10. Bagi lulusan/ijazah dari negara lain harus mendapatkan pengesahan dari Dikdasmen Kemendikbud RI.
  11. Ketentuan Ujian Nasional Perbaikan: Lulusan 2016 s.d 2019 yang mengikuti Ujian Nasional Perbaikan dapat mendaftar dengan ketentuan nilai rata-rata memenuhi persyaratan. Pelamar yang pernah mengulang di kelas XII baik di sekolah yang sama atau sekolah yang berbeda tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan.
  12. Usia pada saat pembentukan Bintara Polri T.A 2023 minimal 17 tahun 7 bulan dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan SMA/sederajat), minimal 17 tahun 7 bulan dan maksimal 23 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan DI s.d DIII), dan minimal 17 tahun 7 bulan dan maksimal 25 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan DIV/Sarjana).
  13. Belum pernah menikah/hamil atau melahirkan bagi calon Wanita, belum pernah menikah/memiliki anak kandung/biologis bagi calon Pria serta sanggup tidak menikah selama pembentukan Bintara Polri.
  14. Tidak bertato/memiliki bekas tato. Tidak bertindik/memiliki bekas tindik telinga atau anggota badan laindengan ukuran yang mencolok dan tidak sesuai dengan norma agama, norma kesopanan, dan norma hukum yang berlaku di Indonesia.
  15. Tidak memiliki catatan kriminal atau pernah terlibat dalam kegiatan yang melanggar hukum.
  16. Tidak pernah terlibat dalam organisasi terlarang atau organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan negara kesatuan Republik Indonesia.
  17. Bersedia menjalani pendidikan dan pelatihan di Sekolah Bintara Polri selama 9 bulan.
  18. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  19. Bersedia menjalani ikatan dinas selama 5 tahun setelah lulus dari Sekolah Bintara Polri.

Selain persayaratan umum dan persyaratan khusus, masih ada lagi persyaratan  lainnya. Kamu bisa  KLIK DISINI untuk persyaratan lainnya.

Itulah beberapa persyaratan umum dan khusus untuk seleksi Bintara POLRI tahun 2023. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan tersebut sebelum mendaftar dan mengikuti seleksi. Semoga berhasil!