Persyaratan Lain selain umum dan khusus yang Harus Dipenuhi untuk Lolos Seleksi Bintara Polri 2023

Pelajari persyaratan lain yang harus dipenuhi untuk seleksi bintara Polri 2023 agar kamu bisa memenuhi semua syarat yang diperlukan dan lolos seleksi. Baca ulasan lengkapnya di artikel ini.

Jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi bintara Polri 2023, maka kamu perlu memahami dengan baik semua persyaratan yang harus dipenuhi. Selain persyaratan umum dan persyaratan khusus, masih ada persyaratan lainnya yang harus dipenuhi agar kamu bisa lolos seleksi dan menjadi anggota Polri yang berkualitas. Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap persyaratan lainnya yang harus kamu ketahui untuk mengikuti seleksi bintara Polri 2023. Simak ulasannya dengan seksama agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua syarat yang diperlukan.

Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Polisi Tugas Umum (PTU)
    Untuk menjadi PTU, syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
  • Berijazah SMA/MA (tidak lulusan Paket A,B, dan C), SMK (semua jurusan kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan), SPM/setingkat SMA pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal/setingkat SMA, atau DI s.d DIV/S1 dengan IPK minimal 2,75 dengan Prodi terakreditasi.
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita di wilayah umum. Sedangkan untuk wilayah perbatasan, pulau kecil terluar, pulau terpencil, dan ras Melanesia (di Polda Papua dan Papua Barat), tinggi badan minimal yang dibutuhkan adalah 163 cm untuk pria dan 158 cm untuk wanita. Di daerah pegunungan, tinggi badan minimal yang harus dipenuhi adalah 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.
  1. Bintara Brimob
    Untuk menjadi bintara Brimob, syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
  • Berijazah SMA/MA (tidak lulusan Paket A,B, dan C), SMK/MAK (semua jurusan kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan), SPM/setingkat SMA pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal/setingkat SMA, atau DI s.d DIV/S1 dengan IPK minimal 2,75 dengan Prodi terakreditasi.
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria di wilayah umum. Sedangkan untuk wilayah perbatasan, pulau kecil terluar, pulau terpencil, dan ras Melanesia (di Polda Papua dan Papua Barat), tinggi badan minimal yang dibutuhkan adalah 163 cm. Di daerah pegunungan, tinggi badan minimal yang harus dipenuhi adalah 160 cm.
  1. Bintara Polair
    Untuk menjadi bintara Polair, syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
  • Berijazah SMK Teknik Pelayaran/perkapalan atau Kemaritiman, atau D1 s.d DIV/Sarjana pada Program Studi Nautika, Teknologi Kelautan, Permesinan Kapal, Teknologi Konstruksi Bangunan Kapal, dengan IPK minimal 2,75 dan berasal dari Prodi yang terakreditasi.
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria di wilayah umum. Sedangkan untuk wilayah perbatasan, pulau kecil terluar, pulau terpencil, dan ras Melanesia (di Polda Papua dan Papua Barat), tinggi badan minimal yang dibutuhkan adalah 163 cm. Di daerah pegunungan, tinggi badan minimal yang harus dipenuhi adalah 160 cm.
  1. Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Nakes)
    Untuk menjadi bintara Nakes, syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
  • Minimal berijazah jenjang DIII s.d Sarjana Terapan/S1, dengan minimal IPK 2,75 pada Program Studi terakreditasi: Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Keperawatan Anastesiologi, Kesehatan Gigi, dan Radiologi.
  • Memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita di wilayah umum dan wilayah perbatasan, pulau kecil terluar, dan pulau terpencil. Sedangkan di ras Melanesia (di Polda Papua dan Papua Barat) dan daerah pegunungan, tinggi badan minimal yang harus dipenuhi adalah 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.

Itulah persyaratan lainnya yang harus dipenuhi untuk seleksi bintara Polri 2023 selain persyaratan umum dan persyaratan khusus. Pastikan kamu memenuhi semua syarat yang diperlukan agar bisa lolos seleksi dan menjadi anggota Polri yang baik dan berkualitas. Selalu perhatikan kesehatan dan jaga agar tetap bugar dan siap menghadapi segala tugas dan tantangan di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi bintara Polri.