4 Jenis Pendaftaran Polisi atau Polri Tahun 2023 yang Perlu Anda Tahu

Bagi kalian yang memimpikan untuk menjadi anggota Polri, inilah saatnya untuk mewujudkan mimpi tersebut. Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka pendaftaran taruna-taruni untuk menjadi anggota Polri pada tahun 2023. Sebagai lembaga penegak hukum nasional, Polri memiliki moto Rastra Sewakotama, yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. Polri bertanggung jawab langsung di bawah Presiden dan didirikan pada tanggal 1 Juli 1946 dengan kantor pusat di Jakarta Selatan.

Artikel ini akan membahas 4 Jenis Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2023 yang dapat menjadi referensi bagi kalian dalam memilih penerimaan yang kalian minati. Polri memiliki 4 jenis seleksi calon anggota, yaitu SIPSS, AKPOL, Bintara, Tamtama. Tahapan seleksi dilakukan secara terbuka agar semua peserta seleksi dapat melihat hasil seleksi di setiap tahapannya. Mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksaan administrasi, kesehatan, tes akademik, psikotes, kesamaptaan dan jasmani, hingga proses kelulusan, semuanya dalam pengawasan.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai 4 jenis pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2023 beserta persyaratannya.

  1. Pendaftaran SIPSS 2023

SIPSS adalah singkatan dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana. Jenis penerimaan ini diperuntukan bagi lulusan sarjana, S-2, Profesi, Spesialis, dan D-IV Ahli Nautika Tk III. Pendaftaran SIPSS 2023 akan dibuka untuk 1000 orang calon taruna/taruni. Persyaratan untuk mendaftar SIPSS adalah Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak bertato, tidak buta warna, dan memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.

  1. Pendaftaran AKPOL 2023

AKPOL adalah singkatan dari Akademi Kepolisian. Jenis penerimaan ini diperuntukan bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin menjadi taruna/taruni Akademi Kepolisian. Persyaratan umum untuk mendaftar AKPOL adalah Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah terlibat dalam tindak pidana, dan memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Persyaratan khusus untuk mendaftar AKPOL adalah lulus ujian tertulis, lulus ujian akademik, lulus ujian kesehatan dan psikologi, dan lulus ujian kesamaptaan jasmani.

  1. Pendaftaran Bintara Polri

Brigadir Polri adalah jenis penerimaan anggota Polri yang memiliki tugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat dalam rangka menyongsong Indonesia hebat. Persyaratan umum untuk mendaftar Bintara Polri adalah Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah terlibat dalam tindak pidana, dan memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Persyaratan khusus untuk mendaftar Bintara Polri adalah lulus ujian tertulis, lulus ujian akademik, lulus ujian kesehatan dan psikologi, dan lulus ujian kesamaptaan jasmani.

  1. Pendaftaran Tamtama Polri

Tamtama adalah golongan pangkat ketentaraan dan kepolisian yang paling rendah, mulai dari Prajurit Dua/Kelasi Dua/Bhayangkara Dua sampai Kopral Kepala/Ajun Brigadir Polisi. Persyaratan umum untuk mendaftar Tamtama Polri adalah Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah terlibat dalam tindak pidana,dan memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Persyaratan khusus untuk mendaftar Tamtama Polri adalah lulus ujian tertulis, lulus ujian kesehatan dan psikologi, serta lulus ujian kesamaptaan jasmani.

Demikianlah penjelasan mengenai 4 Jenis Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2023 beserta persyaratannya. Semua jenis pendaftaran ini memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota Polri yang berkualitas dan profesional. Oleh karena itu, bagi kalian yang memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Polri, persiapkan diri kalian dengan baik dan teliti setiap persyaratan yang dibutuhkan. Dengan semangat dan tekad yang kuat, kalian pasti bisa meraih mimpi menjadi anggota Polri yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.