Persyaratan Khusus Seleksi POLRI Jalur SIPSS 2023: Apa yang Harus Kamu Ketahui

Jika kamu sedang merencanakan untuk mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS tahun 2023, maka kamu harus memahami persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Persyaratan ini juga harus kamu perhatikan dengan baik agar kamu tidak salah langkah dalam proses pendaftaran.

Berikut adalah persyaratan khusus yang harus kamu ketahui:

  1. Belum Pernah Menjadi Anggota Polri/TNI/PNS

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah kamu belum pernah menjadi anggota Polri/TNI/PNS. Jika kamu pernah menjadi anggota dari salah satu lembaga tersebut, maka kamu tidak bisa mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS.

  1. Pria atau Wanita

Persyaratan kedua adalah kamu bisa mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS baik sebagai pria maupun wanita.

  1. Tidak Pernah Mengikuti Pendidikan Polri/TNI dan Tidak Terikat Ikatan Dinas

Persyaratan ketiga adalah kamu belum pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI dan tidak terikat ikatan dinas dengan lembaga tersebut.

  1. Berijazah DIV, dengan Ketentuan Ahli Nautika Tk.III

Jika kamu memiliki ijazah Ahli Nautika Tk.III dari Ditjen Perhubungan Laut, maka kamu bisa mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS dengan berijazah DIV.

  1. Program Studi Kedokteran, Dokter Umum dan Dokter Gigi, dengan Ketentuan STSI atau STR Definitif

Jika kamu memiliki Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) atau Surat Tanda Registrasi (STR) definitif dari program studi Kedokteran, Dokter Umum, dan Dokter Gigi, maka kamu bisa mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS.

  1. Lulusan dari PTN/PTS dengan Program Studi Terakreditasi Minimal B/Baik dengan IPK Minimal 2,75

Jika kamu lulus dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan program studi terakreditasi minimal B/Baik dan memiliki IPK minimal 2,75, maka kamu bisa mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS. Kamu juga harus melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisir/diketahui Pembantu Dekan bidang Akademik (berlaku untuk S-1 dan S-2).

  1. Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan Surat Keputusan Penyetaraan yang Dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi

Jika kamu lulus dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, maka kamu harus melampirkan surat keputusan penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi.

  1. Batasan Umur Pembentukan SIPSS TA 2023

Ada batasan umur yang harus diperhatikan untuk mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS TA 2023. Kamu maksimal berumur 40 tahun untuk Dokter Spesialis, maksimal berumur 30 tahun untuk S2 dan S2 Profesi, maksimal berumur 28 tahun untuk S1 Profesi, dan maksimal berumur 26 tahun untuk S1/DIV.

  1. Ketentuan Minimal Tinggi Badan (dengan Berat Badan Ideal)

Kamu harus memenuhi ketentuan minimal tinggi badan dengan berat badan ideal untuk mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS. Pria harus memiliki tinggi badan minimal 158 cm, sedangkan wanita harus memiliki tinggi badan minimal 155 cm.

  1. Belum Pernah Menikah Baik Secara Hukum Positif/Agama/Adat dan Sanggup untuk Tidak Menikah Selama Pendidikan Pembentukan

Kamu belum pernah menikah baik secara hukum positif/agama/adat (belum pernah hamil/melahirkan) dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan pembentukan Polri.

  1. Khusus Dokter Spesialis Diperbolehkan Sudah Menikah, Tetapi Bagi Wanita Sanggup Tidak Memiliki Anak/Hamil Selama Pendidikan Pembentukan

Jika kamu merupakan dokter spesialis, kamu diperbolehkan sudah menikah. Namun, bagi wanita, kamu harus sanggup tidak memiliki anak/hamil selama pendidikan pembentukan Polri.

  1. Bersedia Menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) Selama 10 Tahun Terhitung dari Saat Diangkat Menjadi Perwira Polri

Kamu harus bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung dari saat diangkat menjadi Perwira Polri.

  1. Tidak Terikat Ikatan Dinas dengan Instansi Lain

Kamu tidak terikat ikatan dinas dengan instansi lain.

  1. Bersedia Ditugaskan pada Satker Sesuai Keahlian/Latar Belakang Program Studi

Kamu harus bersedia ditugaskan pada Satker sesuai dengan keahlian/latar belakang program studi.

  1. Mendapat Persetujuan dari Instansi yang Bersangkutan bagi yang Sudah Bekerja dan Pernyataan Berhenti secara Hormat bila Lulus Seleksi dan Terpilih Masuk Pendidikan Pembentukan Polri

Jika kamu sudah bekerja, kamu harus mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan dan menyampaikan pernyataan berhenti secara hormat bila lulus seleksi dan terpilih masuk pendidikan pembentukan Polri.

  1. Mengikuti dan Lulus Pemeriksaan dan Pengujian Tingkat Daerah dan Tingkat Pusat

Kamu harus mengikuti dan lulus pemeriksaan dan pengujian tingkat daerah dan tingkat pusat.

Itulah persyaratan khusus yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS tahun 2023. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan tersebut agar proses pendaftaran kamu bisa berjalan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang berencana untuk mendaftar seleksi Polri jalur SIPSS.